القيم الدينية في قصة "أرني الله" لتوفيق الحكيم (دراسة علم الأدب الاجتماعي)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Elly Yulia (2018) القيم الدينية في قصة "أرني الله" لتوفيق الحكيم (دراسة علم الأدب الاجتماعي). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elly Yulia Wardani_A01214007.pdf

Download (3MB)

Abstract

Taufiq Hakim merupakan seorang sastrawan besar Mesir. Lahir pada tahun 1897 di Iskandariyah dan meninggal pada tahun 1987 dengan mewariskan lebih dari 60 naskah drama arab modern, 2 kumpulan cerpen dan 20 novel yang bermutu tinggi. karya-karya Taufiq Hakim amat Religius bahkan ada yang terinspirasi dari al-quran. Nuansa islam dalam karya-karya Taufiq lebih kental dibandingkan sastrawan dan intelektual Mesir lainnya. Salah satu karya-karya Taufiq Hakim yaitu novel Arinillah yang mana novel ini menceritakan tentang ketauhidan dan yang berperan disini yaitu seorang bapak dan anaknya. Yang suatu saat manakala bapak ini ketika berbicara terhadap anaknya selalu muncul kalimat Allah, sehingga anak kecil ini keingintahuan terhadap Allah tinggi dan meminta kepada bapaknya untuk memperlihatkan Allah untuknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai agama dalam novel “ Arinillah”. Dalam pembahasan skripsi ini penulis fokus pada dua rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana ide pokok yang terkandung dalam nilai-nilai agama pada novel “Arinillah” karya Taufiq Hakim? (2) Apa macam-macam nilai-nilai agama yang terdapat dalam novel “Arinillah” karya Taufiq Hakim?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan(library research) dengan mengambil latar novel “Arinillah” karya Taufiq Hakim. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dari berbagai literatur yang ada. Dan metode analisis data yang ditempuh adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menjelaskan (menafsirkan) arti dan pesan dari dokumen yang detail kemudian ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan: dalam novel “Arinillah” terdapat kalimat yang mengandung ide pokok dalam nilai-nilai agama yaitu: (1) terdapat kalimat yang mengandung Aqidah, (2) terdapat kalimat yang mengandung Mahabbatullah, menjelaskan cintanya terhadap Allah , (3) terdapat kalimat yang mengandung Ma’rifatullah, menjelaskan keingintahuan untuk diperlihatkan Allah. Dan macam-macam nilai-nilai agama yang terdapat dalam novel “Arinillah” yaitu terdapat tiga macam : (1)nilai Aqidah terdapat 2 macam yaitu 5 kalimat uluhiyah dan 1 kalimat rububiyah, (2) nilai Akhlak terdapat 2 macam yaitu 1 kalimat akhlak pada Allah dan 1 kalimat akhlak apada makhluk, (3) ma’rifatullah dan bentuk tersampainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Elly Yuliaellyyulia146@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Nilai-nilai Agama; Arinillah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Wardani Elly Yulia
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:45
Last Modified: 14 Feb 2018 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23070

Actions (login required)

View Item View Item