Relokasi lahan masyarakat Gresik: studi Maṣlaḥah al Mursalah atas Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 8 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gresik Tahun 2010-2030 di Desa Banyuwangi Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakky, Muhammad Fahmi (2017) Relokasi lahan masyarakat Gresik: studi Maṣlaḥah al Mursalah atas Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 8 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gresik Tahun 2010-2030 di Desa Banyuwangi Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Fahmi Zakky_F020215044.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tesis ini adalah hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana dampak kebijakan Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 8 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gresik Tahun 2010-2030 terhadap para petani tambak di Desa Banyuwangi Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik dan tinjauan Māṣlaḥāh āl-Mūrsālāh atas Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 8 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gresik Tahun 2010-2030 terhadap para petani tambak di Desa Banyuwangi Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis melakukan penelitian lapangan. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara dengan Pemerintah Daerah Gresik dan masyarakat Banyuwangi. Data yang telah terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 8 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gresik Tahun 2010-2030 berakibat pada perubahan yang bersifat positif, maupun perubahan yang bersifat negatif dimana wewenang mengarahkan kehidupan manusia kepada maslahatan, akan tetapi bagi para petani hal tersebut tidak bermaslahah. Melihat semua itu maka Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 8 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gresik Tahun 2010-2030 belum sesuai dengan Māṣlaḥāh āl-Mūrsālāh atau kesejahteraan umum, karna kesejahteraan yang dicapai saat ini hanya berfihak pada sebagian kelompok tidak secara umum atau keseluruhan. Melindungi harta (Āl-Māl), sehingga para petani dapat memelihara hartanya, melindungi keluarga/garis keturunan (Āl-Nās), sehingga masyarakat desa Banyuwangi, terutama bagi para Petani bisa menjaga keturunan yang dapat meneruskan perjuangan Islam itu sendiri. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka diharapkan Pemerintah Daerah Gresik serta para Pejabat Pemerintah yang berada di wilayah Kabupaten Gresik, agar lebih memperhatikan masyarakatnya dalam melestarikan lahan-lahan tambak yang semakin berkurang karena adanya alih fungsi lahan yang menjadi lahan industri. Dan untuk menjadikan Kabupaten Gresik yang memiliki dedikasi yang tinggi serta dapat dijadikan sebagai percontohan bagi wilayah yang lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakky, Muhammad Fahmizakkymuhammadfahmi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Uncontrolled Keywords: Relokasi lahan masyarakat; tata ruang
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Zakky Muhammad Fahmi
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:45
Last Modified: 10 Apr 2018 06:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23065

Actions (login required)

View Item View Item