Pola komunikasi seorang Blater anggota DPRD Kabupaten Sampang dengan anggota DPRD yang mempunyai latar belakang berdeda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haris, Moh. (2018) Pola komunikasi seorang Blater anggota DPRD Kabupaten Sampang dengan anggota DPRD yang mempunyai latar belakang berdeda. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Haris_B06212065.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan masyarakat Madura, kaum blater merupakan suatu golongan social yang menjadi orientasi kepemimpinan masyarakat. Blater dapat menjadi pusat orientasi kepemimpinan masyarakat karena mereka memiliki keberanian, kelebihan ilmu kanuragan, dan juga mempunyai kharismatik yang tinggi sehingga disegani oleh masyarakat. Sebagai salah satu ikon sosial masyarakat Madura, blater tidak bias dipisahkan dari lintasan sejarah yang melatar belakangi kemunculannya. Pada fokus dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana komuniakasi seorang blater anggota DPRD kabupaten Sampang dengan anggota DPRD yang mempunyai latar belakang berbeda. Peneliti menggunakan metode kualitatif dalam penelitian ini. Metode kualitatif digunakan dengan alasan dapat mencari dan mendapatkan informasi sedalam-dalamnya dari sumber data tanpa harus dipatok dengan pertanyaan tertutup, observasi peneliti juga berperan selama di lapangan dan dokumentasi dikumpulkan jika ada. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh kaum Blater cenderung melalui komunikasi interpersonl. Dengan istilah lain komunikasi tersebut juga disebut komunikasi verbal dan no verbal. Komunikasi verbal dan non verbal dilakukan suapaya apa yang disampaikan oleh kaum Blater dapat tersampai kan kepada anggota DPRD yang lain. Pola komunikasi kaum Blater yang tegas dan tidak berbelit-belit membantu untuk menyampaikan pesan yang disampaikan kepada komunikan sehimgga pesan nya dapat tersampaikan dengan baik, di tambah karismatik dan kewibawaan yang tingga yang merupakan salah satu simbol dalam komunukasi semakin mendukung penyampaian pesan kaum Blater.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haris, Moh.harish.syahab@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi; Blater; DPRD Kabupaten Sampang
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Haris Moh.
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:36
Last Modified: 14 Feb 2018 04:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23052

Actions (login required)

View Item View Item