Fenomena pergaulan bebas mahasiswa: studi kasus kebebasan seksual Rahmania perspektif Psikologi Agama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arsyad, David Auliya (2018) Fenomena pergaulan bebas mahasiswa: studi kasus kebebasan seksual Rahmania perspektif Psikologi Agama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
David Auliya Arsyad_E02213006.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fase remaja dikenal masa “mencari jati diri” mempunyai rasa keingintahuan sangat besar, yang belum dirasakan di fase anak-anak. Perkembangan masa remaja yang sangat komprehensif, Namun belum dibarengi dengan sikap yang stabil dan posisi ambivalensi remaja di masyarakat membuat remaja sering mencari pergaulan di lingkungan yang sesuai dan membuat nyaman. Faktor keluarga, teman sebaya dan lingkungan yang apatis menjadi faktor utama remaja terjerumus ke pergaulan bebas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian, ialah sebagai berikut: (1) Bagaimana Fenomena pergaulan bebas mahasiswa (khususnya studi kasus kebebasan seksual Rahmania) ? (2) Bagaimana tindakan preventif dan solusi terhadap prilaku kebebasan seksual mahasiswa (khususnya Rahmania) dengan perspektif Psikologi Agama ?. Penelitian ini menjelaskan perkembangan remaja dengan berbagai rasa keingintahuan yang sangat besar tentang seksualitas. Adapaun manfaat penelitian, memberikan wawasan ilmu pengetahuan dan penjelasan tentang berbagai kemungkinan sikap remaja di kehidupan bermasyarakat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu metode yang menghasilkan data deskriptif berupa wawancara dan prilaku yang diamati dari remaja dalam pergaulan bebas. Objek penelitian adalah fenomena pergaulan bebas remaja mahasiswa di kota Surabaya. Adapun data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dengan pertimbangan bahwa penelitian ini berusaha menggambarkan dan mempresentasikan data secara sistematis, ringkas, dan sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh remaja terjerumus dari faktor inti yakni keluarga, lingkungan sekitar dan pengaruh dari teman sebaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arsyad, David Auliyadavidarsyad9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Kenakalan Anak dan Remaja
Psikologi
Perilaku > Perilaku Seksual
Uncontrolled Keywords: Remaja; pergaulan bebas; seks; keluarga
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: David Auliya Arsyad
Date Deposited: 14 Feb 2018 06:20
Last Modified: 14 Feb 2018 06:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23043

Actions (login required)

View Item View Item