Implementasi kegiatan ekstrakurikuler Korps Muballigh Muda Muhammadiyah (KM3) dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Angelica, Devy Eka (2018) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler Korps Muballigh Muda Muhammadiyah (KM3) dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devy Eka Angelica_D91214087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap individu memiliki potensi berupa kecerdasan interpersonal. Seseorang yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi ditandai dengan kemampuan dalam membangun hubungan sosial yang di masyarakat. Hal tersebut menjadi urgen mengingat manusia sendiri adalah makhluk sosial. Pendidikan non-formal, khususnya ekstrakurikuler Korps Muballigh Muda Muhammadiyah (KM3) hadir sebagai sarana yang diberikan dalam membangun kecerdasan interpersonal. Masalah yang dirumuskan peneliti terhadap penelitan ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Korps Muballigh Muda Muhammadiyah (KM3) di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo; (2) bagaimana meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo; dan (3) bagaimana implementasi yang diberikan dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler KM3 (Korps Muballigh Muda Muhammadiyah) dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Metode yang digunakan bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatoris, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis sebelum di lapangan dan analisis data lapangan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yakni, (1) kegiatan ekstrakurikuler KM3 dilakukan dengan bervariatif dengan domain utama yakni kultum, pelatihan pidato/kultum dan kajian keagamaan, dan organisasi; (2) Peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo memiliki kecerdasan interpersonal yang baik dibuktikan dengan terpenuhinya indikator kecerdasan interpersonal yang tinggi milik kombinasi antara Dryden dan Vos serta Safaria; (3) Implementasi yang dilakukan kegiatan KM3 dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal dilakukan sudah dilakukan dengan baik karena kegiatan ekstrakurikuler KM3 dilakukan dengan bervariasi sehingga kecerdasan interpersonal peserta didik meningkat setelah mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler KM3. Saran yang diberikan peneliti adalah agar lebih banyak mengadakan perkumpulan santai atau intimate antar anggota KM3 dan meningkatkan materi public speaking dengan cara penyampaian menggunakan trilingual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Angelica, Devy Ekaangelicadevyeka@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Keywords: Implementasi; ekstrakurikuler; kecerdasan interpersonal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Angelica Devy Eka
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:28
Last Modified: 15 Feb 2018 01:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23041

Actions (login required)

View Item View Item