Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika berstandar NCTM dengan nuansa cognitive load theory pada siswa SMK kelas XI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khemaswati, Dyah Ayu (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika berstandar NCTM dengan nuansa cognitive load theory pada siswa SMK kelas XI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyah Ayu Khemaswati_D74213061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan belajar matematika yang menjadi fokus pada pembelajaran matematika di SMK. Namun, pada kenyataannya siswa SMK banyak mengeluhkan bahwa mata pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit dipahami. Dibutuhkan pembelajaran yang baru, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan standar NCTM. Pembelajaran matematika menurut NCTM merupakan pembelajaran yang harus mencapai pemahaman dalam sebuah materi sehingga nantinya dapat tercipta pembelajaran yang bermakna, selain mengacu pada standar NCTM, guru sebagai fasilitator hendaknya wajib mengetahui beban kognitif siswanya.Teori beban kognitif (cognitive load theory) merupakan teori yang mencoba menjelaskan proses pemerolehan suatu pengetahuan. Oleh karena itu, perlu dirancang perangkat pembelajaran yang baru dengan menerapkan standar NCTM dengan nuansa cognitive load theory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran matematika dan efektivitas penerapan hasil perangkat pembelajaran matematika berstandar NCTM dengan nuansa cognitive load theory pada siswa SMK kelas XI. Jenis Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp. Perangkat yang dikembangkan meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilaksanakan pada 25 siswa kelas XI Farmasi I SMK Plus NU Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi, angket, dan tes. Data kevalidan diperoleh dari hasil penilaian validator. Data keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa, kemampuan guru melaksanakan sintaks pembelajaran, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut: rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,40 dan dinyatakan sangat valid; rata-rata total kevalidan LKS sebesar 4,45 dan dinyatakan sangat valid. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase aktivitas siswa yang aktif dalam pembelajaran mendapat persentase 97,3 % lebih besar daripada persentase aktivitas siswa yang pasif yakni 2,70 %; kemampuan guru melaksanakan sintaks pembelajaran sebesar 3,76 yang termasuk kategori sangat baik; respon positif siswa sebesar 95,30 %; dan ketuntasan hasil tes belajar siswa sebesar 88,00 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khemaswati, Dyah AyuDkhemaswati@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Uncontrolled Keywords: NCTM (National Council of Teacher of Mathematics); CLT (Cognitive Load Theory)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Khemaswati Dyah Ayu
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:57
Last Modified: 13 Feb 2018 03:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23013

Actions (login required)

View Item View Item