Pengaruh kegiatan istighosah terhadap kecerdasan spiritual siswa SMAN 1 Pacet Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Maskur Ade (2018) Pengaruh kegiatan istighosah terhadap kecerdasan spiritual siswa SMAN 1 Pacet Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maskur Ade Saputra_D71214045.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan penulis terhadap siswa-siswi SMA, keadaan tersebut dikarenakan akhlak anak-anak yang kurang bagus disekolah serta tingkat SQ yang rendah. Peserta didik di SMAN 1 Pacet Mojokerto yang masih berusia 15 sampai 17 tahun yang termasuk tipe dalam remaja, yang mana masa penuh dengan gejolak karena perkembangan biologisnya sangat begitu cepat bahkan massa ini disebut masa yang sangat rentan terhadap pergaulan remaja. Pada masaa ini kebanyakan seorang anak sekarang sudah terpengaruhi lingkungan, perkembangan teknologi dan budaya sehingga remaja sekarang berprilaku menyimpang. Akibatnya kebanyakan remaja pada saat belajar disekolah sekarang kurang disiplin sering sekali terjadi, salah satunya yaitu membolos ini malah menjadi rutinitas disebagian efektif sekolah. Bukan hanya membolos saja ada yang terlambat sekolah, berkelahi, masalah pakaiaan, merusak, masalah sampah. Untuk mencegah maraknya penyimpangan yang dilakukan oleh siswa perlu adanya kegiatan itu adalah contoh tingkat SQ yang rendah yang dapat membatasi gerak mereka untuk melakukan hal-hal yang negatf. Salah satu kegiatan tersebut adalah kegiatan istighosah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji kegiatan istighosah terhadap kecerdasan spiritual siswa SMAN 1 Pacet Mojokerto. Berdasarkan tingkat eksplanasi maka penelitian ini termasuk penelitian komparatif, yaitu penelitian yang membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua variabel atau lebih sampel yang berbeda, atau waktu yang berbeda. Dan menurut jenis datanya, penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Adapun skala pengukurannya menggunakan skala Likert, paradigma dalam penelitian ini adalah paradigma sederhana dimana penelitian ini terdiri dari dua variabel dependent dan dua variabel independent jadi untuk membandingkan antara dengan Digunakan teknik Uji Test Independent. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya adalah 22% dari jumlah keseluruhan peserta didik SMAN 1 Pacet Mojokerto tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 852 peserta didik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Test Independent yang yang dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% untuk memberikan interpretasi bahwa hipotesisi alternatif diterima atau ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat keefetifan yang positif dan signifikan kegiatan istighosah trhadap kecerdasan spiritual siswa SMAN 1 Pacet Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Maskur Ademmaskurmajapahit@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Istighosah; kecerdasan spiritual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saputra Maskur Ade
Date Deposited: 14 Feb 2018 08:45
Last Modified: 14 Feb 2018 08:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23009

Actions (login required)

View Item View Item