Multigenerational Family Therapy untuk mempererat ukhuwah dalam keluarga di Jalan Tenggilis Lama III Kel. Tenggilis Mejoyo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Resita, Risa (2018) Multigenerational Family Therapy untuk mempererat ukhuwah dalam keluarga di Jalan Tenggilis Lama III Kel. Tenggilis Mejoyo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risa Resita_B03214011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses konseling multigenerational family therapy untuk mempererat ukhuwah dalam keluarga di jalan tenggilis Lama III, Kel. Tenggilis Mejoyo Surabaya? (2) Bagaimana hasil akhir konseling dengan multigenerational family therapy untuk mempererat ukhuwah dalam keluarga di jalan tenggilis Lama III, Kel. Tenggilis Mejoyo Surabaya? Dalam menjawab permasalah tersebut, alasan penulis mengangkat kasus tersebut karena banyaknya pemuda yang kurang bisa mengerti dan memanfaatkan hubungan dengan saudara didalam keluarga secara baik yang akhirnya dapat menimbulkan ketidak nyamanan dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisa penyebab adanya perselisihan antar saudara dalam keluarga dengan membandingkan teori dan hasil proses konseling dilapangan. Data yang digunakan berupa hasil wawancara dan observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisa data. Dalam penelitian ini, konseling menggunakan pendekatan multigenerational family Therapy dimana konseli diharapkan dapat mengetahui dan memahami sistem dirinya didalam keluarga sebagai anak, adik ataupun kakak sehingga mampu menjalankan tanggung jawabnya dengan baik, sehingga tidak mengganggu subsistemyang lainnya dan konseli dapat memahami arti sudara di dalam keluarga sehingga dapat mempererat ukhuwa di dalam keluarga dengan baik. Hasil akhir dari penelitian melalui proses konseling multigenerational Family Therapy untuk mempererat ukhuwah dalam keluarga cukup berhasil yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya gejala perilaku yang nampak saat setelah proses konseling terjadi menjadi lebih baik. Sedangkan implikasi dari penelitian ini adalah menambah pengetahuan kita terutama untuk mahasiswa Bimbingan Konseling Islam pada saat melaksanakan proses konseling menggunakan salah satu terapi keluarga. Untuk pembaca serta penulis semoga dapat bermanfaat untuk kehidupan di dalam keluarga bagaimana mengartikan saudara dan mampu menjalin hubungan baik dengan saudara dimanapun dan kapanpun itu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Resita, Risaresitarisa12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Keluarga
Keywords: Keluarga; family teraphy; ukhuwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Resita Risa
Date Deposited: 13 Feb 2018 04:03
Last Modified: 13 Feb 2018 04:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/23005

Actions (login required)

View Item View Item