Pengaruh relaksasi nasyid dalam mengurangi tingkat kecemasan pada ibu primigravida trimester III di Puskesmas Jagir Surabaya

Anggraini, Nur Hana (2018) Pengaruh relaksasi nasyid dalam mengurangi tingkat kecemasan pada ibu primigravida trimester III di Puskesmas Jagir Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Hana Anggraini_B73214075.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah bagaimana pengaruh relaksasi nasyid dalam mengurangi tingkat kecemasan pada ibu primigravida trimester III di Puskesmas Jagir Surabaya? Adapun indikator dari variable terikat (Y) adalah (1) Ibu Primigravida dan (2) Trimester III. Dalam menjawab permasalahan tersebut, maka peneliti ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan eksperimen analisis uji-T (Paired Sample T-test). Pengumpulan data dengan menggunakan angket Pretest dan Posttest, observasi, dan wawancara. Subyek penelitian adalah 35 Ibu Primigravida Trimester III di Puskesmas Jagir Surabaya. Hasil penelitian menunjukan, bahwa pengujian diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu (11,3192>2,03224) selanjutnya nilai signifikan 0,009803 < 0,05 sehingga Hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Setelah didapatkan hasil analisis datanya maka hasil akhir adalah relaksasi nasyid berpengaruh dalam mengurangi tingkat kecemasan pada ibu primigravida trimester III di Puskesmas Jagir Surabaya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Santoso, Agus
Uncontrolled Keywords: Relaksasi; nasyid; kecemasan
Subjects: Kesenian > Kesenian Islam
Psikologi > Kecemasan
Musik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anggraini Nur Hana
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:16
Last Modified: 13 Feb 2018 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22995

Actions (login required)

View Item View Item