Peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mendongeng melalui metode bermain peran di kelas III MI as-Syafiiyyah Pomahanjanggan Turi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaniyah, Inqidloatul (2018) Peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mendongeng melalui metode bermain peran di kelas III MI as-Syafiiyyah Pomahanjanggan Turi Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inqidloatul Amaniyah_D97214087.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari latar belakang pembelajaran Bahasa Indonesia yang membosankan dan kurang menarik. Apalagi siswa cenderung mengalami kesulitan ketika berbicara di depan kelas. Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III MI As-Syafiiyyah Pomahanjanggan Turi Lamongan menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa dalam kategori sangat rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara peneliti dengan guru kelas III, dari 20 siswa hanya 15% yang tuntas dalam keterampian berbicara. Penyebabnya adalah keterampilan berbicara diajarkan tanpa menggunakan media ataupun metode khusus. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan metode bermain peran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Indonesia materi mendongeng di kelas III MI As-Syafiiyyah Pomahanjanggan Turi Lamongan?, (2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Indonesia materi mendongeng melalui metode bermain peran di kelas III MI As-Syafiiyyah Pomahanjanggan Turi Lamongan ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan penelitian data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengmatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dengan menggunakan instrumen lembar aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan instrumen pedoman wawancara dan unjuk kerja menggunakan rubrik penilaian unjuk kerja. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI As-Syafiiyyah Pomahanjanggan Turi Lamongan dengan jumlah 20 siswa. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : 1) penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran pada siklus I masih belum maksimal. Hal ini dilihat dari perolehan nilai akhir aktivitas guru sebesar 63,5 sedangkan perolehan nilai akhir aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan menjadi 90,4. 2) prosentase ketuntasan belajar siswa kelas III pada keterampilan berbicara setelah diterapkan metode bermain peran mengalami peningkatan dari 15% (prasiklus), 45% (siklus I) dan 95% (siklus II).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaniyah, InqidloatulInqidhoatul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Indonesia
Guru
Dongeng
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara; Bahasa Indonesia; mendongeng; bermain peran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amaniyah Inqidloatul
Date Deposited: 14 Feb 2018 04:34
Last Modified: 14 Feb 2018 04:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22988

Actions (login required)

View Item View Item