Bimbingan konseling pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus (Disleksia dan Disgrafia) pada usia Sekolah Dasar melalui permainan Ular Tangga di Desa Kedung Kendo

Mukaroma, Richatul (2018) Bimbingan konseling pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus (Disleksia dan Disgrafia) pada usia Sekolah Dasar melalui permainan Ular Tangga di Desa Kedung Kendo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Richatul Mukaroma_B93214109.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bimbingan konseling terhadap ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus disleksia dan disgrafia dengan mengembangkan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada tahap Development, ular tangga untuk anak disleksia dan disgrafia dinilai kelayakannya oleh 2 ahli materi (Guru kelas 1 Sekolah Dasar), 2 ahli media (Dosen), 2 peserta didik uji coba, dan 2 anak disleksia dan disgrafia uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah melalui angket (Instrumen), wawancara dan perkembangan konseli dan anaknya setelah melakukan media pemainan ular tangga. Data yang diperoleh dari angket (instrumen),wawancara daan hasil pengaplikasian media permainan ular tangga dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap dalam pembuatan permainan ular tangga untuk anak disleksia dan disgrafia: 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), dan 5) Evaluasi (Evaluation). Hasil dari pengaplikasian pengembangan media permainan ular tangga terhadap anak disleksia dan disgrafia diketahui bahwa media layak untuk digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis, ditinjau dari peningkatan anak dalam berkemampuan membaca dan menulis. Pada sebelumnya anak sulit menggabungkan kata panjang, melalui media permainan ini mampu membaca kalimat panjang dan konsentarsi dalam membaca dapat terkontrol serta dalam kemampuan menulis ada kemajuan pada anak untuk dapat menuliskan kata lebih dari empat suku. Melalui media permainan ular tangga ini, memberikan sebuah bimbingan kepada ibu (konseli) yang memiliki anak disleksia dan disgrafia untuk dapat mengaplikasikan media tersebut kepada anak mereka, serta layanan konseling untuk selalu mendukung dan membimbing anak-anaknya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis melalui media permainan ular tangga tersebut.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Al Hana, Rudy
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling; ibu; permainan ular tangga; disleksia dan disgrafia; sekolah dasar; ADDIE
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mukaroma Richatul
Date Deposited: 13 Feb 2018 04:20
Last Modified: 13 Feb 2018 04:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22983

Actions (login required)

View Item View Item