Pengaruh metode edutainment terhadap keterampilan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Siti (2018) Pengaruh metode edutainment terhadap keterampilan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Maghfiroh_D71214051.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang pengaruh metode edutainment terhadap keterampilan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang meliputi : (1) Bagaimana penerapan metode edutainment di SMAN 2 Sidoarjo? (2) Bagaimana keterampilan belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI di SMAN 2 Sidoarjo? (3) Bagaimana pengaruh metode edutainment terhadap keterampilan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sidoarjo? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang kurang diminati oleh peserta didik, maka dari itu guru pendidikan agama Islam mendesain pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dengan metode edutainment. Metode ini merupakan desain pembelajaran baru yang mana pembelajaran yang mulanya adalah terpusat pada guru (teacher centered) menjadi terpusat pada peserta didik (student centered). Dalam penelitian ini metode edutainment untuk meningkatkan keterampilan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif korelasional, yakni metode penelitian lapangan yang memerlukan analisa statistik yang sesuai dengan permasalahan yang ada, karena penelitian ini berusaha untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode edutainment terhadap keterampilan belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua peneliti menggunakan rumus prosentase, untuk rumusan masalah yang ketiga peneliti menggunakan rumusan product moment. Sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dokumentasi dan angket. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 36 peserta didik dari 119 jumlah peserta didik kelas XII MIPA yang mendapat pembelajaran dengan metode edutainment. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan metode edutainment dengan rumus product moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan metode edutainment di SMAN 2 Sidoarjo tergolong baik dengan hasil 71% dari rentangan 65% - 100%. (2) Keterampilan belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI di SMAN 2 Sidoarjo tergolong baik dengan hasil 91,6% dari rentangan 65% - 100%. (3) Metode edutainment meliki pengaruh terhadap keterampilan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Hal ini terbukti dengan diterimanya Ha dan ditolaknya H0 dengan t hitung sebesar 2,2837 lebih besar dari t tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Sitisitifiroh01@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Motode edutainment; Keterampilan belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maghfiroh Siti
Date Deposited: 14 Feb 2018 06:32
Last Modified: 14 Feb 2018 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22963

Actions (login required)

View Item View Item