Perbedaan kecemasan dan apresiasi Matematika ditinjau dari gender pada siswa MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rismayanti, Rismayanti (2018) Perbedaan kecemasan dan apresiasi Matematika ditinjau dari gender pada siswa MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rismayanti_D04212027.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan: (1) kecemasan matematika ditinjau dari gender pada siswa MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo, (2) apresiasi matematika ditinjau dari gender pada siswa MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo, (3) kecemasan matematika dan apresiasi matematika pada siswa laki-laki MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo, (4) kecemasan matematika dan apresiasi matematika pada siswa perempuan MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa MA Bahauddin kelas X sebanyak 2 kelas jumlahnya 55 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik nonparametrik, yaitu uji Test Run Wald-Wolfowitz. Pengolahan data hasil analisis diperoleh dengan menggunakan perhitugan manual berbantu microsoft excel 2007.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan: (1) kecemasan matematika ditinjau dari gender pada siswa MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo, (2) apresiasi matematika ditinjau dari gender pada siswa MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo, (3) kecemasan matematika dan apresiasi matematika pada siswa laki-laki MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo, (4) kecemasan matematika dan apresiasi matematika pada siswa perempuan MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa MA Bahauddin kelas X sebanyak 2 kelas jumlahnya 55 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik nonparametrik, yaitu uji Test Run Wald-Wolfowitz. Pengolahan data hasil analisis diperoleh dengan menggunakan perhitugan manual berbantu microsoft excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kecemasan matematika antara siswa laki-laki dan perempuan kelas X MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo ditunjukkan dengan penghitungan statistik Zhitung = -2,4 dan Ztabel = -1,96 (2) tidak terdapat perbedaan apresiasi matematika antara siswa laki-laki dan perempuan kelas X MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo ditunjukkan dengan penghitungan statistik Zhitung = -0,8 dan Ztabel = -1,96 (3) terdapat perbedaan kecemasan matematika dan apresiasi matematika pada siswa laki-laki kelas X MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo ditunjukkan dengan penghitungan statistik Zhitung = -3,2 dan Ztabel = -1,96 (4) terdapat perbedaan kecemasan matematika dan apresiasi matematika pada siswa perempuan kelas X MA Bahauddin Ngelom Sidoarjo ditunjukkan dengan penghitungan statistik Zhitung = -3,3 dan Ztabel = -1,96.

Kata kunci: Kecemasan, Apresiasi, Matematika, dan Gender

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rismayanti, Rismayanticimabonieta02@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Gender
Matematika
Psikologi > Kecemasan
Uncontrolled Keywords: Kecemasan; apresiasi; Matematika; gender
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rismayanti Rismayanti
Date Deposited: 13 Feb 2018 01:46
Last Modified: 13 Feb 2018 01:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22962

Actions (login required)

View Item View Item