إعداد كتاب تعليم مهارة الكلام في البرنامج الإضافي اللغوى على المستوى الإبتدائي : البحث و التطوير بالمدرسة الابتدائية التابعة للمسجد الأكبر بسورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Daniar, Desty Dina (2018) إعداد كتاب تعليم مهارة الكلام في البرنامج الإضافي اللغوى على المستوى الإبتدائي : البحث و التطوير بالمدرسة الابتدائية التابعة للمسجد الأكبر بسورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel surabays.

[img]
Preview
Text
Desty Dina Daniar_F12615259.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan mengenai belum tercapainya tujuan sekolah MI Masjid Al-Akbar Surabaya yaitu menggunakan bilingual salah satunya bahasa arab pada kegiatan sehari-hari di sekolah. Dan tidak adanya buku yang menunjang anak-anak agar dapat mempraktikan bahasa arab sederhana pada kegiatan sehari-hari. Buku yang mudah dipahami dan menarik bagi anak-anak untuk mempelajari bahasa arab, baik itu dari segi kosa kata dan kaidah bahasa arab sederhana. Berlatarbelakang masalah tersebut, maka perlu adanya desain materi untuk meningkatkan keterampilan berbicara yang dikhususkan bagi siswa MI Masjid Al-Akbar Surabaya yang digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Arab. Adapun rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana karakteristik buku pembelajaran Maharah Kalam untuk Kelas Ekstrakurikuler di MI Masjid Al-Akbar Surabaya?. (2) Seberapa efektif buku pembelajaran Maharah Kalam untuk Kelas Ekstrakurikuler di MI Masjid Al-Akbar Surabaya?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui karakteristik buku pembelajaran Maharah Kalam untuk Kelas Ekstrakurikuler di MI Masjid Al-Akbar Surabaya, (2) untuk mengetahui efektifitas buku pembelajaran Maharah Kalam untuk Kelas Ekstrakurikuler di MI Masjid Al-Akbar Surabaya.
Adapun metode penelitian ini adalah “Research and Development (R&D)”. pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-tes.
Ada 6 langkah dalam pembuatan buku desain ini yaitu: observasi, pengumpulan data, desain materi pembelajaran, validasi ke-1, percobaan buku dan validasi ke-2.
Dari hasil tes yang diujikan hasil data yang diperoleh adalah sebagai berikut : t hitung 8,42 dan t tabel 0,11. Jika t hitung lebih besar daripada t tabel maka desain pembelajaran efektif. Sebaliknya, jika t hitung lebih kecil daripada t tabel maka desain pembelajaran tidak efektif.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku desain yang dibuat oleh peneliti dengan judul buku " العربية للمبتدئين" dianggap efektif dan memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa MI Masjid Al Akbar Surabaya. Buku yang didesain memiliki karakter yang berbeda. Karakter tersebut dilihat dari beberapa segi, diantaranya:
1.Segi Materi Pembelajaran: Materi yang disiapkan merupakan materi yang dekat dengan siswa saat berada disekolah, dengan menggunakan kaidah Bahasa Arab sederhana, dan terdapat kegiatan yang mendorong siswa untuk berbicara, melibatkan semua siswa di dalam kelas yang didesain sesuai dengan usia anak-anak.
2.Segi Kebahasaan: Bahasa yang digunakan dalam buku desain ini sederhana

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Daniar, Desty Dinadaniar.desty@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Materi Ajar; Keterampilan Berbicara
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Daniar Desty Dina
Date Deposited: 15 Feb 2018 07:34
Last Modified: 15 Feb 2018 07:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22953

Actions (login required)

View Item View Item