Analisis semiotik gaya retorika dakwah Oki Setiana Dewi dalam kisah detik-detik wafatnya Rasulullah SAW pada media youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Titin (2018) Analisis semiotik gaya retorika dakwah Oki Setiana Dewi dalam kisah detik-detik wafatnya Rasulullah SAW pada media youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Titin Rahmawati_B91214082.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana gaya bahasa Oki Setiana Dewi dalam Kisah Detik-Detik wafatnya Rasulullah SAW (2) Bagaimana gaya suara Oki Setiana Dewi dalam Kisah Detik-Detik wafatnya Rasulullah SAW (3) Bagaimana gaya gerak tubuh Oki Setiana Dewi dalam Kisah Detik-Detik wafatnya Rasulullah SAW. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini digunakan model kualitatif non kancah. Kemudian data yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis semiotik model Ferdinan De Saussure. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu gaya retorika dakwah Oki Setiana Dewi dengan gaya bahasa berdasarkan pilihan kata menggunakan gaya bahasa percakapan, gaya bahasa berdasarkan nada menggunakan gaya bahasa sederhana dan untuk gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat menggunakan gaya bahsa Paralelisme, Antitesis dan Repetisi yang meliputi Tautotes dan Epanalepsis. Kemudian gaya suara yang digunakan Oki sangat bervariasai, mulai dari nada rendah dengan tingkatan 1 sampai nada tinggi dengan tingkatan 4, dengan Rate 92 sampai 148 kata per menit. Sedangkan gaya gerak tubuh yang meliputi sikap badan dengan berdiri tegak, pandangan mata yang tegas menatap pendengar, kemudian untuk pakaian yang digunakan sangat sopan dan syar’i. Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, rekomendasi untuk berikutnya adalah dilakukan penelitian mendalam dengan data tentang persepsi dari pendengar sekaligus menggunakan metode kuantitatif sehingga ada hasil yang bernilai nominal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Titintitinrahma3@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Semiotika
Uncontrolled Keywords: Dakwah media; Analisis semiotik; Gaya retorika dakwah di Youtube
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahmawati Titin
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:19
Last Modified: 14 Feb 2018 03:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22952

Actions (login required)

View Item View Item