Desain komunikasi visual jurnalism online: analisis kualitatif deskriptif karakter desain komunikasi visual website suaramuslim.net

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zamroni, Mohammad (2018) Desain komunikasi visual jurnalism online: analisis kualitatif deskriptif karakter desain komunikasi visual website suaramuslim.net. Undergraduate thesis, Unversitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mohammad Zamroni_B71214051.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah yaang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) bagimana elemen desain komunikasi visual yang digunakan dalam website suaramuslim.net (2) bagaimana karakter elemen desain komunikasi visual website suaramuslim.net. Peneliti mengunakan analisis deskriptif dengan mengunakan pendekatan kualitatif kancah, kemudian data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan mengunakan analisis Miless dan Hubberman. Adapun hasil dari penelitian yaitu bentuk elemen yang ada dalam website suaramuslim.net, elemen tersebut berupa huruf, garis, bidang, ruang, warna, foto, layout, adapun karakter elemen yang dihasilkan dari setiap elemen yakni huruf yang digunakan dalam website tersebut ialah sans serif (verdana, open sans, roboto) karakter yang dihasilkan dari huruf tersebut hangat, bersahabat, mudah dibaca. Garis horizontal karakter yang dihasilkan tegas. Bidang/bentuk persegi dengan karakter yang dihasilkan memiliki teraturan. Elemen ruang karakternya mengarahkan mata pembaca dari satu titik ketitik lainnya. Warna pada elemen ini warna yang digunakan putih dengan karakter kejujuran, kemurnian, kemudian hitam memiliki karakter elegen, penuh percaya diri, selanjutnya biru sebagai warna penyeimbang karakter yang dihasilkan kesejukan. Kemudian elemen foto, penggunaan foto disini ialah foto masjid nabawi yang berada pada footer, karakter yang dihasilkan, sebagai media dakwah harus luas berdakwahnya. Rekomendasi untuk berikutnya adalah dilakukan penelitian mendalam dengan data tentang persepsi dari pembaca atau viewer sekaligus menggunakan metode kuantitatif sehingga ada hasil yang bernilai nominal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zamroni, Mohammadronyaknela@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Internet
Komunikasi
Jurnalisme
Uncontrolled Keywords: Desain komunikasi; komunikasi visual; jurnalism online; website suaramuslim.net
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zamroni Mohammad
Date Deposited: 14 Feb 2018 03:22
Last Modified: 14 Feb 2018 03:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22913

Actions (login required)

View Item View Item