Efektifitas tanda kecakapan khusus agama gerakan pramuka dalam meningkatkan karakter religius peserta didik MTsN 3 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kuncoro, Irfan (2018) Efektifitas tanda kecakapan khusus agama gerakan pramuka dalam meningkatkan karakter religius peserta didik MTsN 3 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Irfan Kuncoro_D91214092.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan penghargaan dengan sistem TKK Agama (Muadzin dan Qori) Gerakan Pramuka di MTsN 3 Kota Surabaya? (2) Bagaimana karakter religius peserta didik MTsN 3 Kota Surabaya? (3) Bagaimana efektifitas penerapan penghargaan dengan sistem TKK Agama (Muadzin dan Qori) Gerakan Pramuka dalam meningkatkan karakter religius peserta didik MTsN 3 Kota Surabaya? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan materi muadzin dan qori ini cenderung dimengerti saja, tidak sampai benar-benar dipahami dan di aplikasikan, salah satu metode yang tepat dan dapat digunakan pendidik dalam permasalahan diatas adalah memberikan penghargaan atau reward berupa TKK Agama Gerakan Pramuka. Dikarenakan untuk membentuk karakter membutuhkan rentan waktu yang panjang, dengan begitu tanpa di rangsang peserta didik akan melaksakan dengan sendirinya karena ini sudah masuk dalam karakter religius. Data-data penelitian ini dihimpun dari anggota pramuka pangkalan MTsN 3 Kota Surabaya sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu, penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena data-data yang digunakan berbentuk angka dan menggunakan dua variabel. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus “r” product moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembina pramuka di MTsN 3 Kota Surabaya sering memberikan penghargaan dengan sistem TKK Agama Gerakan Pramuka. Hal ini terbukti dari rata-rata hasil kuesiner 90 prosentase responden sebesar 67,8% dari rentangan 57 - 60. (2) Peserta didik di MTsN 3 Kota Surabaya meningkat karakter religiusnya setelah di motivasi dengan penghargaan yang berupa TKK Agama Gerakan Pramuka. Hal ini berdasarkan analisa hasil prosentase responden 84,4% pada rentangan 55 - 60. (3) Penerapan penghargaan berupa TKK Agama Gerakan Pramuka efektif dalam meningkatkan karakter religius peserta didik MTsN 3 Kota Surabaya. Hal ini terbukti diterimanya Ha dan ditolaknya Ho dengan t hitung sebesar 0,782 lebih besar dari t tabel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kuncoro, Irfanirfan.kuncoro15@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecakapan
Motivasi Belajar
Keywords: Reward; TKK; Karakter Religius
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kuncoro Irfan
Date Deposited: 13 Feb 2018 07:29
Last Modified: 13 Feb 2018 07:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22885

Actions (login required)

View Item View Item