Representasi nasionalisme dalam iklan Bukalapak versi dirgahayu kemerdekaan Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prayoga, Rilla Hesti (2018) Representasi nasionalisme dalam iklan Bukalapak versi dirgahayu kemerdekaan Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rilla Hesti Prayoga_B96214104.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, dengan judul Representasi Nasionalisme Dalam Iklan Bukalapak Versi Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia. Penelitian akan menggunakan analisis semiotika guna menangkap makna yang terdapat dalam tanda-tanda, kode-kode, serta konteks nasionalisme dimana lahir produk seperti Iklan Bukalapak Versi Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia ini. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat menangkap representasi Nasionalisme dalam iklan sebagai satu bentuk strategi periklanan dengan mengangkat karakter Indonesia dan bagaimana upaya membongkar representasi nasionalisme dalam iklan tersebut. Penelitian ini berfokus pada bagaimana Nasionalisme direpresentasikan dalam iklan Bukalapak versi Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia? Dengan tujuan untuk menjelaskan representasi nasionalisme yang terdapat dalam iklan Bukalapak versi Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Analisis Teks Media yakni semiotika Roland Barthes yang mana model tersebut mempunyai dua tataran penelitian, dengan menggunakan pendekatan konstruktivis yang melihat dari beragamnya pemikiran manusia dan hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pemaknaan nasionalisme yang merujuk pada arti cinta, pemaknaan nasionalisme mengenai pengorbanan, dan pemaknaan nasionalisme terkait agama. Dari ketiga pemaknaan tersebut dapat dikatakan sajian iklan Bukalapak memiliki arti Nasionalisme. Dimana Nasionalisme tidak hanya dilihat dari simbol yang berkaitan dengan bangsa. Penelitian yang sudah melihat representasi dalam wujud berbeda ini semoga dapat menjadi kajian dalam penelitian terkait Analisis Teks Media yang selanjutnya, dengan lebih menggunakan banyak teori dan referensi lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prayoga, Rilla Hestirillareareo@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Iklan
Komunikasi
Nasionalisme
Uncontrolled Keywords: Representasi; Nasionalisme; Iklan; Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Prayoga Rilla Hesti
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:30
Last Modified: 13 Feb 2018 03:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22864

Actions (login required)

View Item View Item