Pengaruh terapi kognitif: Semantic Precision dalam meningkatkan rasa percaya diri bagi tahanan wanita di Rutan Perempuan Klas 2a Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhyatun, Muhyatun (2018) Pengaruh terapi kognitif: Semantic Precision dalam meningkatkan rasa percaya diri bagi tahanan wanita di Rutan Perempuan Klas 2a Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhyatun_B03214007.pdf

Download (14MB)

Abstract

Dalam penelitian ini dapat disimpulkan: 1. Proses pelaksanaan konseling dengan terapi kognitif semantic precision dalam meningkatkan rasa percaya diri bagi tahanan wanita di rutan perempuan klas 2a Surabaya dengan 2 langkah berupa konseling kelompok serta permainan identitas dan kesadaran diri sebagai treatment, lalu follow up. Kemudian untuk mengukur hasil terapi kognitif: semantic precision adalah posttsest. Dalam mengukur konseling dengan terapi kognitif: semantic precision ini maka konseli melakukan beberapa hal yaitu: a. mengisi angket terbuka yang menjelaskan bahwa konseli merasa tidak percaya diri, b. mengisi angket pretest. c. konseli bersedia melakukan treatment dengan terapi kognitif: semantic precision melalui konseling kelompok. d. sebelum memulai konseling kelompok konseli membaca doa dan janji konseling kelompok untuk menjaga kerahasiaan data konseli lainya. e. konseli melakukan konseling kelompok dengan tertib. f. melakukan permainan identitas dan kesadaran diri. g. Mengisi lembar self-statement dengan memberikan penilaian positif bagi diri konseli masing-masing. 2. Hasil akhir proses treatment dengan menggunakan semantic precision berhasil dan dapat dilihat dari hasil uji T-test yang menunjukkan nilai non-probabilitas atau Sig. (2 – tailed) yaitu 0,00 < 0,05, yang dengan demikian maka dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rasa percaya diri tahanan wanita sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberikan terapi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh” terapi kognitif: semantic precision dalam meningkatkan rasa percaya diri bagi tahanan wanita di rutan perempuan klas 2a Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhyatun, Muhyatunmuhyatun02@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Pemikiran
Wanita
Keywords: Terapi kognitif; semantic precision; rasa percaya diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhyatun Muhyatun
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:36
Last Modified: 13 Feb 2018 02:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22828

Actions (login required)

View Item View Item