Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis aktivitas kritis yang bernuansa Islami pada materi transformasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirotunnafi'ah, Lutfi (2018) Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis aktivitas kritis yang bernuansa Islami pada materi transformasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfi khoirotunnafi'ah_D74213074.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih kurang tertantang untuk mempelajari dan menyelesaikan permasalahan matematika, terutama soal-soal yang menggunakan aktivitas kritis. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kevalidan hasil pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis aktivitas kritis yang bernuansa Islami; (2) untuk mengetahui kepraktisan hasil pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis aktivitas kritis yang bernuansa Islami; (3) untuk mengetahui keefektifan hasil pengembangan modul pembelajaran matematika, dapat diketahui dari respon siswa dan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul pembelajaran matematika berbasis aktivitas kritis yang bernuansa Islami. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model
pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Modul pembelajaran matematika berbasis aktivitas kritis yang bernuansa Islami ini, dapat diketahui kualitasnya dengan cara menggunakan data yang diperoleh dari hasil evaluasi 2 uji kompetensi dan hasil angket yang diisi oleh validator dan beberapa siswa. Data tersebut diperoleh dari siswa MA Darul Istiqomah Ponorogo kelas XII IPS B. Angket validator digunakan untuk mengetahui tanggapan para ahli tentang kualitas modul pembelajaran, yang diperoleh dari hasil validasi sebanyak 3 orang ahli. Angket kepraktisan modul digunakan untuk mengetahui pendapat siswa tentang kemudahan modul untuk dikerjakan oleh siswa, sedangkan angket respon siswa digunakan untuk mengetahui pendapat siswa tentang isi dari modul tersebut dan perkembangan yang dialami oleh siswa setelah menggunakan modul pembelajaran tersebut. Hasil pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis aktivitas kritis yang bernuansa Islami ini mendapatkan nilai “valid” dari ketiga validator, mendapatkan nilai “baik” untuk aspek kepraktisan modul, dan mendapatkan nilai “efektif”, dilihat dari respon siswa dan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirotunnafi'ah, Lutfinafiahalmaidani19@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Modul; kritis; Islami; Transformasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: khoirotunnafi'ah lutfi
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:45
Last Modified: 12 Feb 2018 08:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22820

Actions (login required)

View Item View Item