Harmoni sosial keagamaan: studi kasus pada keluarga Mr. X di Benowo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardana, Fahmi Aden (2018) Harmoni sosial keagamaan: studi kasus pada keluarga Mr. X di Benowo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmi Aden Wardana_E02214003 versi online.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul ”Harmoni Sosial Keagamaan, Studi Kasus Keluarga Mr. X di Benowo Surabaya” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk harmoni sosial keagamaan keluarga yang beda agama antara islam dan kristen pada keluarga Mr. X, yang mana Mr. X ini beragama keristen kemudian memiliki istri beragama islam. Serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Metode kualitatif ini menjadi langkah awal bagi penyusun untuk menjelaskan fakta-fakta yang terjadi, setelah penyusun melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari orang yang menjadi obyek penelitian yaitu kepada keluarga Mr. X serta tetangga setempat di Benowo Surabaya. Selain itu juga untuk mengetahui kegiatan sosial keagamaan dalam keluarga tersebut, serta bagaimana keluarga yang beda agama ini dapat menciptakan keharmonisan hingga saat ini, bahkan bagaimana keluarga ini dapat mendidik anaknya tanpa ada konflik keagamaan dari orang tuanya yang beda agama, kemudian bagaimana pula keluarga ini dalam menyikapi tetangga yang menjdikan provokasi pada keluarganya yang mendatangkan sumber konflik dalam keluarga itu sendiri dan sehingga menjadikan keharmonisan tersebut menjadi pecah. Selain itu untuk mengetahui bagaimana dalam keluarga yang beda agama ini bisa menjadikan keluarga yang rukun dalam hal keagamaan serta dalam hal sosial, seperti kegiatan keagamaan antara suami-istri. Namun dengan penelitian ini penulis dapat simpulkan yaitu bahwa dalam keluarga ini lebih besar memberikan rasa toleransi antara anggota keluarga serta kepada masyarakat sehingga keharmonisan tetap meliputi keluarganya hingga saat ini bahkan keluarga ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat di sekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardana, Fahmi Adenfahmiadenw@gmail.comE02214003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKhodijah, KhodijahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kristen
Psikologi
Uncontrolled Keywords: Harmoni Sosial; Solidaritas Sosial; Solidaritas Mekanik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Wardana Fahmi Aden
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:53
Last Modified: 05 Nov 2019 04:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22807

Actions (login required)

View Item View Item