Analisis peran dinas lingkungan hidup Provinsi Jawa Timur dalam pengawasan pencemaran limbah B3 industri: studi kasus di DAM Yani Kecamatan Sumobito

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Uyun, Fiha Minal (2018) Analisis peran dinas lingkungan hidup Provinsi Jawa Timur dalam pengawasan pencemaran limbah B3 industri: studi kasus di DAM Yani Kecamatan Sumobito. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fiha Minal Uyun_E04213027.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Peran Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Dalam Pengawasan Pencemaran Limbah Industri Slag Alumunium Di Kabupaten Jombang (Studi Kasus: Di Dam Yani Kecamatan Sumobito). Tujuannya diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan data/informasi tentang peran dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dalam melakukan pengawasan pecemara limbah B3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian case study yang artinya penelitian ini berangkat dari kasus yang terjadi di lapangan, yang bertujuan untuk memperoleh data yang relevan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui triangulasi, wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Kemudian teori yang dipakai sebagai pisau analisis dalam penelitian ini adalah Teori Good Governance dan Ekosentrisme. Hasil penelitian menyebutkan bahwa (1) efektifitas pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur. Pengawasan dilakukan dengan dua cara yakni pengawasan langsung dan tidak langsung. Pengawasan langsung dengan langsung menuju lokasi yang ditargetkan dan pengawasan tidak langsung yaki dengan laporan dokumen yng dikirim oleh pengusaha setiap enam bulan sekali. Selain itu efektifitas pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dapat dilihat dari program kerja dan RENSTRA. (2) faktor pendukung yang menunjang pengawasan adalah adanya koordinasi anatar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota. hambatan yang dialami meliputi hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal yakni keterbatasan anggaran, kurangnya sumber daya manusia. Sedangkan hambatan eksternal yakni ketika ada prusahaan yang tidak kooepratif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Uyun, Fiha Minaliniviha@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Industri Kecil
Lingkungan Hidup
Politik > Politik Islam
Keywords: Ekosentrisme; pencemaran limbah industri
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Uyun Fiha Minal
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:36
Last Modified: 12 Feb 2018 08:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22794

Actions (login required)

View Item View Item