Inovasi kebijakan polisi peduli sesama: studi ATM beras untuk warga miskin di Desa Ngantru dan Desa Tamanan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek tahun 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qudsiyah, Hesti Safrotul (2018) Inovasi kebijakan polisi peduli sesama: studi ATM beras untuk warga miskin di Desa Ngantru dan Desa Tamanan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek tahun 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hesti Safrotul Qudsiyah_E04213033.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini memfokuskan kajiannya pada tiga permasalahan. Pertama, tentang alasan Polres Trenggalek mendirikan sebuah wadah organisasi yang bernama P2S (Polisi Peduli Sesama). Kedua, bagaimana realisasi inovasi kebijakan yang dilaksanakan oleh Polisi Polres Trenggalek mengenai bantuan ATM Beras untuk warga miskin di Kecamtan Trenggalek. Ketiga, ingin menganalisis bagaimana faktor yang mendukung serta faktor menghambatnya realisasi inovasi kebijakan ATM beras untuk warga miskin tersebut. Penelitian ini menekankan pada observasi langsung terjun ke lapangan dengan melakukan penggalian data lewat wawancara, serta didukung oleh sumber-sumber refrensi literatur terkait dalam menganalisis temuan data. Metode yang digunakan adalah kualitatif diskriptif. Sehingga isi kajian penelitian ini bisa tersusun secara sistematis dan bersifat obyektif. Data digali dari sumber primer dan sekunder dengan melakukan penggalian data melalui observasi, wawancancara secara terstruktur rapi dan mendalam serta dokumentasi. Peneliti juga berpartisipasi terlibat secara langsung dalam kasus ini. Demikian pula data yang diperoleh sangat terukur validitasnya, sehingga dapat dianalisis secara interaktif. Kajian ini menggunakan teori Kebijakan Publik yang digunakan untuk menganalisis bagaimana jalannya kebijakan tersebut sampai ke tangan masyarakat. Kebijakan publik secara umum sering diartikan sebagai segala sesuatu yang dipilih pemerintah untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Tetapi disini yang berperan adalah Instansi Kepolisian bukan pemerintah pusat. Hasil penelitian ini menunjukkan terbentuknya Polisi Peduli Sesama (P2S) adalah untuk mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Trenggalek dan meminimalisir tindak kejahatan dan kriminalitas di Trenggalek yang disebabkan oleh banyaknya tingkat pengangguran dan kemiskinan. Sehingga Polisi Peduli Sesama menggagas Inovasi ATM beras untuk membantu masyarakat miskin di Kabupaten Trenggalek. Realisasi inovasi ATM Beras untuk warga miskin di kabupaten Trenggalek sudah berjalan dengan baik. Ukuran baik adalah perencanaan sudah berjalan sesuai dengan realita di lapangan. Di Kecamatan Trenggalek berjalan di 2 Desa, yaitu di Desa Ngantru dan Desa Tamanan. Namun terdapat faktor penghambat berjalannya realisasi ATM Beras adalah kurangnya donatur untuk pengadaan beras. Polres Trenggalek masih mengandalkan iuran dari anggota kepolisian (P2S) untuk pengadaan beras tersebut. serta kurangnya sosialisasi kepada masyarakat di Desa Ngantru dan Desa Tamanan mengenai program Inovasi ATM Beras ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qudsiyah, Hesti Safrotulhestisafrotul95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik > Politik Islam
Keywords: Kebijakan publik; kemiskinan; ATM Beras
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Qudsiyah Hesti Safrotul
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:51
Last Modified: 12 Feb 2018 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22791

Actions (login required)

View Item View Item