Persepsi masyarakat tentang kebijakan transportasi online di terminal Purabaya Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurchotimah, Siti (2018) Persepsi masyarakat tentang kebijakan transportasi online di terminal Purabaya Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Nurchotimah_E04213102.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sebuah fakta di masyarakat tentang konflik yang muncul pada sektor transportasi di Indonesia. Munculnya layanan jasa transportasi berbasis online ini merupakan inovasi atas layanan jasa transportasi umum yang dirasa kurang efektif dan efisien dalam pelaksanaanya. Seiring dengan tututan pengguna jasa layanan dan keinginan masyarakat akan penyelenggaraan transportasi yang aman, nyaman, cepat dan tepat waktu, yang didukung perkembangan teknologi, maka kehadiran transportasi berbasis online ini dengan cepat mampu diterima oleh masyarakat. Namun, berbanding terbalik dengan yang dirasakan oleh para pengemudi jasa angkutan umum di Terminal Purabaya Sidoarjo, yaitu pendapatan yang semakin menurun. Oleh karena itu, kebijakan tentang larangan kawasan transportasi online di Terminal Purabaya Sidoarjo dianggap sebagai benang merah atas konflik yang terjadi antara pihak angkutan umum dan transportasi online. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yang Pertama, Bagaimana kebijakan transportasi online di Terminal Purabaya Sidoarjo. Kedua, Bagaimana persepsi masyarakat tentang kebijakan transportasi online di Terminal Purabaya Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai adalah statistik deskriptif dengan menggunakan rumus persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan dua hasil, yakni Pertama, tingkat efektivitas kebijakan publik tentang kawasan larangan transportasi online di Terminal Purabaya Sidoarjo berdasarkan hasil penelitian sudah dilaksanakan secara “efektif”. Hal ini bisa dilihat dengan persentase responden yang menyatakan sangat setuju dan setuju pada kebijakan transportasi online di Terminal Purabaya Sidoarjo sebesar 73 (73%) responden, sedangkan yang menyatakan tidak setuju dan sangat tidak setuju hanya sebesar 27 (27%) responden saja. Kedua, Persepsi masyarakat yang dalam hal ini adalah masyarakat pengguna layanan jasa transportasi online (Go-jek, Uber dan Grab) yang berada di Terminal Purabaya Sidoarjo dan masyarakat yang bertempat tinggal di kawasan larangan transportasi online. Hal ini bisa dibuktikan dengan hasil angket yang menunjukkan 79 (79%) responden menyatakan “baik” terhadap kebijakan transportasi online di Terminal Purabaya Sidoarjo, sedangkan yang menyatakan “tidak baik” hanya 21 (21%) responden saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurchotimah, Sitisitinurchotimah27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kebijakan Publik
Teknologi
Keywords: Kebijakan Publik; Efektivitas; Transportasi; Persepsi Masyarakat.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Nurchotimah Siti
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:58
Last Modified: 12 Feb 2018 08:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22788

Actions (login required)

View Item View Item