Pengaruh tadabbur alam terhadap kecerdasan spiritual mahasiswa unit kegiatan khusus Pramuka Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inayah, Chotamul Laili (2018) Pengaruh tadabbur alam terhadap kecerdasan spiritual mahasiswa unit kegiatan khusus Pramuka Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Chotamul Laili Inayah_D71214034.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berawal dari remaja ke dewasa adalah masa menemukan diri, meneliti sikap, agar mempunyai pandangan di masa depan. Berorganisasi merupakan suatu proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang mendidik generasi muda. Pramuka merupakan kegiatan yang dilaksanakan diluar lingkungan pendidikan sekolah dan diluar pendidikan keluarga. Namun Pramuka dilakukan di alam bebas. Menjadi warga Negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga menjadi anggota pramuka yang berguna bagi masyarakat dan mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan Negara. Kegiatan tadabbur alam adalah kegiatan perenungan yang dilakukan di alam bebas yang berguna untuk mensyukuri dan merenungkan betapa besarnya ciptaan Allah yang diberikan kepada makhluknya. Kegiatan tadabbur alam merupakan sebuah kebutuhan yang diharapkan mampu untuk meningkatkan kecerdasan spiritual pada mahasiswa. Maka penliti bermaksud untuk mengetahui hal tersebut dengan penelitian Pengaruh Tadabbur Alam Terhadap Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Unit Kegiatan Khusus Pramuka Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan rumusan masalah yang pertama tentang tadabbur alam, kedua mengenai kecerdasan spiritual, dan yang ketiga untuk mengetahui pengaruh Tadabbur Alam Terhadap Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Unit Kegiatan Khusus Pramuka Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Untuk mengetahui permasalahan dan mendapatkan data yang jelas, disini penulis menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan angket. Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik korelasi product moment pearson. Dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa ada pengaruh tadabbur alam terhadap kecerdasan spiritual mahasiswa unit kegiatan khusus Pramuka Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Dibuktikan dengan hasil analisis data yang menggunakan korelasi product moment pearson nilai signifikansinya 0,001 yang mana lebih kecil dari 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inayah, Chotamul Laililailiinayah25@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Keywords: Pengaruh, Tadabbur Alam, Kecerdasan Spiritual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Inayaha Chotamul Laili
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:17
Last Modified: 12 Feb 2018 08:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22779

Actions (login required)

View Item View Item