Upaya mengatasi gangguan konsentrasi anak dalam belajar membaca al Qur'an melalui teknik Applied Behavior Analysis di Desa Karangbong Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo

Solicha, Umi (2018) Upaya mengatasi gangguan konsentrasi anak dalam belajar membaca al Qur'an melalui teknik Applied Behavior Analysis di Desa Karangbong Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Umi Solicha_B93214093.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses penerapan teknik Applied Behavior Analysis (ABA) pada anak yang memiliki gangguan kosentrasi belajar membaca Al-Qur’an di Desa Karangbong Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo?. (2) Bagaimana hasil daya konsentrasi anak dalam belajar membaca Al-Qur’an setelah menggunakan teknik Applied Behavior Analysis (ABA) di Desa Karangbong Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komperatif. Dimana dalam menganalisis proses pelaksanaan upaya mengatasi gangguan kosentrasi anak dalam belajar membaca Al-Qur’an melalui teknik Applied Behavior Analysis dengan mengembangkan kategori dan sebagai perbandingan yang kontras untuk menemukan suatu yang mendasar dan memberikan deskripsi apa adanya melalui proses identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, langkah terapi, follow up dan keadaan klien setelah bimbingan disajikan dalam bentuk deskriptif komperatif, yaitu membandingkan pelaksanaan di lapangan dengan teori Apllied Behavior Analysis yang disajikan. Dalam penelitian ini proses konseling yang terjadi menggunakan teknik Applied Behavior Analysis, dengan pendekatan ini diharapkan klien dapat lebih berkosentrasi dalam belajar khususnya belajar membaca Al-Qur’an, dan klien juga dapat menghilangkan perilaku yang tidak wajar (hiperaktif) ketika proses belajar berlangsung. Hasil akhir dari proses pelaksanaan upaya mengatasi gangguan kosentrasi anak dalam belajar membaca Al-Qur’an melalui teknik Applied Behavior Analysis dalam penelitian ini berhasil dengan mencapai prosentase 80%, yang mana hasil tersebut dilihat dari adanya gejala perubahan pada sikap atau perilaku klien yang hiperaktif ketika proses belajar membaca Al-Qur’an, dan gangguan kosentrasi klien yang kurang baik ketika belajar membaca Al-Qur’an. Kini mulai menjadi lebih baik berkosentrasi, mudah meresap materi yang diberikan, perilaku yang berlebihan sudah dikurangi dan lebih tenang dalam belajar membaca Al-Qur’an. Orang tua klien kini dapat memahami bahwa klien butuh pendampingan dalam belajar.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rofiq, Arif Ainur
Uncontrolled Keywords: Gangguan kosentrasi; belajar membaca al Qur’an; teknik applied behavior analysis
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Solicha Umi
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:06
Last Modified: 13 Feb 2018 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22768

Actions (login required)

View Item View Item