Konsep pembinaan akhlak muallaf di Majelis Muhtadin AL Falah Surabaya dalam perspektif Ibn Miskawaih

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Yulia Uswatun (2018) Konsep pembinaan akhlak muallaf di Majelis Muhtadin AL Falah Surabaya dalam perspektif Ibn Miskawaih. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yulia Uswatun Nisa_E01213090.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Agama merupakan suatu kepercayaan seseorang pada Dzat yang ia percayai. Dengan beragama manusia akan mendapatkan sebuah ketenangan dan rasa aman dari semua hal yang menimpanya. Dalam beragamapun seseorang bisa melakukan sebuah konversi. Yakni perpindahan agama dari agama satu pada agama yang lain. Hal ini dilakukan karena ia mencari sebuah ketenangan. Dalam berpindahnya agama seseorang secara otomatis mempengaruhi pada semua aspek. Mulai dari keyakinan, sikap, ibadah dan pedoman hidup. Termasuk juga perilaku atau akhlak. Oleh karena itu penulis di sini membahas mengenai pembinaan akhlak bagi para muallaf di Majelis Muhtadin al-Falah Surabaya dalam perspektif Ibn Miskawaih. Di karenakan Ibn Miskawaih dijuluki sebagai seorang filosof etika. Sehingga masalah yang diteliti dalam penelitian kali ini ialah 1) Bagaimana konsep pembinaan akhlak menurut Ibn Miskawaih, 2) bagaimana konsep pembinaan akhlak muallaf di Majelis Muhtadin al-Falah Surabaya. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui bagaimana konsep pembinaan akhlak menurut Ibn Miskawaih serta melihat apakah terdapat sebuah korelasi antara pembinaan akhlak di Majelis Muhtadin al-Falah dengan konsep Ibn Miskawaih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan sebagai pelengkap data, dilakukanwawancara kepada ketua Majelis Muhtadin al-Falah dan beberapa pengajar dan muallaf itu sendiri. Serta melalui buku-buku yang mendukung dan memuat informasi untuk penelitian ini. Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa konsep pembinaan akhlak menurut Ibn Miskawaih dengan konsep pembinaan akhlak yang ada pada Majelis Muhtadin al-Falah Surabaya terdapat kesingkronan. Yakni dengan adanya suatu pembinaan secara terus-menerus menyebabkan obyek atau muallaf mengalami perubahan akhlak seiring dengan ilmu yang didapatnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Yulia Uswatunyuliushirata@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Majelis Muhtadin Al Falah Surabaya; akhlak; Ibn Miskawaih
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nisa' Yulia Uswatun
Date Deposited: 20 Feb 2018 03:09
Last Modified: 20 Feb 2018 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22764

Actions (login required)

View Item View Item