Dependensi masyarakat muslim pedesaan di Desa Modopuro Dusun Modopuro Mojokerto terhadap film india di media televisi dalam perspektif Jean Baudrillard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Insyiyah, Syarifatul (2018) Dependensi masyarakat muslim pedesaan di Desa Modopuro Dusun Modopuro Mojokerto terhadap film india di media televisi dalam perspektif Jean Baudrillard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Syarifatul Insyiyah _ E01213082.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Merebaknya budaya massa dan budaya populer yang terjadi di masyarakat saat ini merupakan salah satu dari kebudayaan dewasa ini. Yang merupakan cerminan apa yang disebutnya sebagai simulacra, yaitu memungkinkan seseorang menjelajahi pelbagai fragmen realitas, merekayasa dan mensimulasi segala sesuatu sampai batasannya yang terjauh. Dimana masyarakat mulai ketergantungan adanya film di media TV, khususnya masyarakat pedesaan telah terjebak dalam sistem tanda, mereka tidak lagi mampu membedakan yang nyata dan imaginer. Oleh karena itu, banyak dari kalangan masyarakat desa yang saat ini telah mengkonsumsi berbagai hal untuk pemenuhan kebutuhan hidup. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan permasalahan sebagai beriku: 1) Apa yang dimaksud dengan Dependensi menurut Jean Baudrillard, 2) Bagaimana dependensi Masyarakat pedesaan Desa Modopuro Dusun Modopuro terhadap Film India di Media TV. 3) Bagaimana dependensi terhadap Film India di Media TV dalam perspektif Jean Baudrillard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akan pola perilaku ketergantungan yang dilakukan oleh masyarakat pedesaan terhadap media TV dan bentuk-bentuk ketergantungannya terhadap film India. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,menggunakan metode deskriptif. Dan studi lapangan dengan cara terjun ke masyarakat Desa Modopuro untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan mengenai hubungannya antara perilaku budaya dalam perkembangan media massa dengan teori tersebut Masyarakat yang diteliti adalah masyarakat muslim pedesaan yang berperilaku ketergantugan. Hasil penelitian ini menghasilkan benang merah bahwa ketergantungan masyarakat dengan media massa terutama televisi yang berhubungan dengan film India telah mempengaruhi aktifitas sehari-hari dan tingkah laku dari masyarakat tersebut. Semua itu ditandai dengan kebudayaan postmodernisme. Bentuk ketergantungan timbul mulai dari budaya, bentuk fisik dan watak serta pesan moral.Dari situlah muncul mengenai hiperrealitas, simulacra ,dan simulasi. Kesatuan inilah yang disebut Baudrillard sebagai simulacra atau simulacrum, sebuah dunia yang terbangun dari sengkarut nilai, fakta, tanda, citra dan kode. Proses simulasi ini kemudian mendorong lahirnya term hiperrealitas, di mana tidak ada lagi yang lebih realistis sebab yang nyata tidak lagi menjadi rujukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Insyiyah, Syarifatulsyarifatul.insyiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Islam
Budaya
Keywords: Dependensi; Postmodernisme; Simulacra; simulasi; Hiperealitas.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Pemikiran Islam
Depositing User: Insyiyah Syarifatul
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:42
Last Modified: 12 Feb 2018 08:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22755

Actions (login required)

View Item View Item