Pengaruh keterampilan membuat model matematika, menyelesaikan soal cerita, dan penguasaan materi pecahan terhadap kemampuan perhitungan harta waris dalam ilmu faraidh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Izzah, Nailatul (2018) Pengaruh keterampilan membuat model matematika, menyelesaikan soal cerita, dan penguasaan materi pecahan terhadap kemampuan perhitungan harta waris dalam ilmu faraidh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nailatul 'Izzah_D04213021.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perhitungan harta waris dalam ilmu faraidh masih berkaitan erat dengan konsep pecahan pada matematika. Dalam pembelajaran, contoh soal maupun soal tentang faraidh biasanya berbentuk soal cerita yang harus dimodelkan menjadi bentuk matematika untuk mempermudah dalam menyelesaikannya. Memahami soal cerita, membuat model matematika dari soal cerita, menyelesaikan model matematika dari soal cerita, serta memahani konsep pecahan merupakan prasyarat yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam menyelesaikan perhitungan harta waris. Penelitian ini dapat digolongkan penelitian kuantitatif dengan desain korelasi kausal. Penelitian ini dilakukan di kelas XII MIPA SMA Ma’arif NU Benjeng Gresik. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Variabel penelitian terdiri dari tiga variabel bebas yakni (kemampuan membuat model matematika, menyelesaikan soal cerita, dan penguasaan materi pecahan) dan satu variabel terikat yakni (kemampuan perhitungan harta waris). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data yang diperoleh selama penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh kemampuan membuat model matematika terhadap perhitungan harta waris diterangkan oleh (R^2) =0,4489 dengan persamaan regresinya Y ̂=6,99+0,69X_1, hal tersebut memiliki arti bahwa kemampuan membuat model matematika memberikan sumbangsi 44,89% (cukup) tehadap perhitungan harta waris. Sedangkan pengaruh kemampuan menyelesaikan soal cerita terhadap perhitungan harta waris diterangkan oleh (R^2) =0,2048 dengan persamaan regresinya Y ̂=29,56+0,40X_2, hal tersebut memiliki arti bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita memberikan sumbangsi 20,48% (cukup) tehadap perhitungan harta waris. Sedangkan pengaruh penguasaan materi pecahan terhadap perhitungan harta waris diterangkan oleh (R^2) = 0,4808 dengan persamaan regresinya 13,14+0,68 X_3, hal tersebut memiliki arti bahwa penguasaan materi pecahan memberikan sumbangsi 48,08% (kuat) tehadap perhitungan harta waris. Selanjutnya pengaruh antara membuat model matematika, menyelesaikan soal cerita, dan penguasaan materi pecahan terhadap perhitungan harta waris diterangkan oleh (R^2)= 0,33 dengan persamaan regresinya Y =6,53-0,31X_1+0,77X_2+0,10X_3, hal tersebut memiliki arti bahwa kemampuan membuat model matematika, menyelesaikan soal cerita, dan penguasaan materi pecahan memberikan sumbangsi 33% tehadap perhitungan harta waris.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Izzah, Nailatulnail.puchny@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Waris
Uncontrolled Keywords: Model matematika; soal cerita; pecahan; harta waris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: 'Izzah Nailatul
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:38
Last Modified: 12 Feb 2018 06:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22746

Actions (login required)

View Item View Item