Analisis eskatologi Fazlur Rahman terhadap fenomena titip absen di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulalah, Haris Anis (2018) Analisis eskatologi Fazlur Rahman terhadap fenomena titip absen di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Haris Anis Sulalah_E01213022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berbicara tentang mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, maka sistem pendidikan di universitas dan berbagai tindakan mahasiswa dalam menanggapi sistem yang ada di universitaspun tidak bisa dilepaskan dengan mahasiswa. Titip absen merupakan sebuah fenomena di mana seorang atau beberapa orang mahasiswa yang tidak hadir dalam kelas perkuliahan ingin tetap dianggap hadir oleh sistem dengan cara meminta bantuan teman yang hadir di dalam kelas untuk mengabsenkan. Penelitian ini betujuan mengkaji analisis eskatologi Fazlur Rahman dari pendapat mahasiswa tentang fenomena titip absen yang mereka lakukan. Penelitian ini menjawab rumusan masalah sebagai berikut, 1) bagaimana fenomena titip absen mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya 2) Bagaimana analisis eskatologi Fazlur Rahman dalam menjelaskan fenomena titp absen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data tentang fenomena titip absen mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan teori fenomenologi Edmund Husserl. Teori ini merupkan teori yang menjelaskan bahwa fenomena merupakan hal yang dibiarkan berbicara sendiri dan menunda sang peneliti memberikan kesimpulan. Sehingga data yang didapatkan merupakan data murni dari objek yang sedang diteliti. Teori ini merupakan teori yang tepat yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data tentang fenomena titip absen. Hal ini digungkap secara faktual data-data di lapangan. Adapun setelah mendapatkan berbagai data yang dibutuhkan, teori eskatologi Fazlur Rahman adalah alat untuk menganalisis fenomena tindakan titip absen tersebut, dikarenakan teori eskatologi Fazlur Rahman sebagian besar membahas tentang perilaku manusia di dunia yang kemudian dari segala perilaku tersebut ternyata memberikan dampak besar terhadap nasib seorang manusia ketika dia hidup di alam abadi setelah dunia, yaitu akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulalah, Haris Anisharisanissulalah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Alam Barzah
Uncontrolled Keywords: Fazlur Rahman; Eskatologi; Titip Absen
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Sulalah Haris Anis
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:58
Last Modified: 12 Feb 2018 06:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22741

Actions (login required)

View Item View Item