Penerapan Quranic healing dalam mengatasi kecemasan akan kematian pada seorang lansia di panti tresna werdha hargo Dedali Surabaya

Mardiyah, Naimatul (2018) Penerapan Quranic healing dalam mengatasi kecemasan akan kematian pada seorang lansia di panti tresna werdha hargo Dedali Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Naimatul Mardiyah_B53214028.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya adalah lembaga sosial swasta yang didirikan dengan keputusan bijak sosok pahlawan wanita untuk memberikan kelayakan hidup bagi para wanita veteran ’45, termasuk 43 lansia yang saat ini bertempat tinggal di panti tersebut. Oleh karena itu, tidak hanya fisik lansia yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kesejahteraan manula pada masa tua. Akan tetapi, psikis lansia juga perlu diperhatikan untuk memberikan ketenangan manula dalam menjalani masa tua ini. Bermula dari permasalahan tersebut, peneliti terpanggil dengan ide baru untuk melakukan suatu tindakan dalam berkontribusi membantu lansia yang mengalami penurunan psikis di masa tersebut, salah satu penurunan psikis yang ditemukan peneliti adalah kecemasan akan kematian, kaitannya dengan proses peningkatan religiusitas seorang lansia. Menghadapi permasalah yang diteliti adalah kesadaran klien dalam tanggung jawab akhirat, sehingga kecemasan duniawi mampu terhapuskan dengan persiapan menuju kematian sebagai peristiwa pasti dalam diri setiap orang. Oleh karena itu, berdasarkan rumusan masalah (1) Bagaimana proses penerapan qur’anic healing dalam mengatasi kecemasan akan kematian pada seorang lansia di Panti Tresna Wedha Hargo Dedali Surabaya? dan (2) Bagaimana hasil penerapan qur’anic healing dalam mengatasi kecemasan akan kematian pada seorang lansia di Panti Tresna Wedha Hargo Dedali Surabaya?. Menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif komparatif, yaitu membandingkan antara teori dan data empiris di lapangan serta membandingkan kondisi sebelum dan sesudah proses penerapan quranic healing. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Proses konseling dengan quranic healing melalui tahap identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatmen/terapi dan follow up. Adapun treatmen melalui quranic healing diterapkan dalam 4 teknik penyembuhan melalui ayat-ayat Alquran, sunnah nabi, dan doa-doa ma’tsur. (2) Hasil akhir penerapan quranic healing dinyatakan cukup berhasil dengan beberapa perubahan dari indikator gejala dan faktor kecemasan akan kematian serta kondisi klien mendeskripsikan bahwa klien sudah cukup tenang dan tidak khawatir dengan hidup saat ini serta selalu beribadah untuk persiapan menghadapi kematian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ningsih, Yusria
Uncontrolled Keywords: Quranic healing; kecemasan akan kematian; lanjut usia
Subjects: Kematian
Psikologi > Kecemasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mardiyah Naimatul
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:22
Last Modified: 12 Feb 2018 08:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22740

Actions (login required)

View Item View Item