Dominasi elit nelayan pada masyarakat : studi tentang penambangan pasir laut di Desa Kramat Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifqi, Abdulloh Moh (2018) Dominasi elit nelayan pada masyarakat : studi tentang penambangan pasir laut di Desa Kramat Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdulloh Moh Rifqi_ E74213124.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dominasi elit nelayan pada masyarakat dalam adanya kegiatan penambangan pasir laut di Desa Kramat sangatlah di khawatirkan bagi keberlangsung untuk memperoleh ikan di laut, elit nelayan yang bermodal kekuasaanya begitu mudah untuk mendapatkan konsensus dengan pemimpin sosial lainnya serta dengan modal kekuasaannya tersebut elit nelayan sewena-sewena dalam membuat keputusan dengan mengatasnamakan rakyat tanpa mempertimbangkan bagaimana dampak yang akan terjadi bagi penerus di masa yang akan datang. Dalam penelitian ini memunculkan dua rumusan masalah di antarannya: pertama, bagaimana elit nelayan melakukan dominasi pada masyarakat dalam proses penambangan pasir laut di Desa Kramat Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik ? kedua bagaimana problem dominasi elit nelayan pada masyarakat dalam proses penambangan pasir laut di Desa Kramat Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik ? Riset yang berbasis pada penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Temuan penulis terkait elit nelayan melakukan dominasi pada masyarakat dalam penambangan pasir laut di Desa Kramat Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik yaitu menjadikan elit nelayan sebagai pemegang kuasa dalam bidang kelautan. Elit nelayan terlibat atau sengaja dilibatkan dalam segala penentuan yang terjadi di laut. Disini bentuk elit nelayan dalam mendominasii masyarakat melalui persetujuan dengan pemimpin kelompok masyarakat nelayan lainnya, dengan itu pemimpin yang sudah di dominasi oleh sang hegemoni hanya mengarahkan pada dengan kelompok yang dipimpinnya. Sedangkan problem yang dialami oleh elit nelayan dalam melakukan dominasi pada masyarakat Desa Kramat yaitu mendapatkan perlawanan dari sebagian kelompok nelayan yang terkena dampak terlebih dahulu sebelum adanya sosialisasi dari elit nelayan yang melakukan dominasi. Perlawanan ini membuahasil yaitu berhentinya kegiatan penambangan pasir laut di Desa Kramat serta mendapatkan ganti rugi sebesar enam ratus juta dari perusahaan yang melakukan eksploitasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifqi, Abdulloh Mohriefbrett313@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik > Politik Islam
Keywords: Dominasi: elit nelayan: penambangan pasir laut.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Rifqi Abdulloh Moh
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:20
Last Modified: 12 Feb 2018 08:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22735

Actions (login required)

View Item View Item