Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja non fisik terhadap retensi karyawan di Badan Amil Zakat Nasional Propinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anshori, Moh. Syaiful (2018) Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja non fisik terhadap retensi karyawan di Badan Amil Zakat Nasional Propinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Syaiful Anshori_B74213054.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kompensasi merupakan hal yang penting bagi individu karyawan. Kompensasi yang yang diberikan oleh instansi akan memberikan rasa memiliki instansi tersebut. Sehingga, sumberdaya manusia mampu bekerja secara maksimal dalam menjalankan tugasnya. Kompensasi merupakan salah satu bentuk upaya menekan tingginya retensi karyawan. Oleh sebeb itu, dengan adanya kompensasi yang baik maka karyawan akan mempertahankan pekerjaannya. Tingginya angka retensi karyawan dipengaruhi oleh lingkungan kerja non fisik. Kondisi lingkungan kerja yang baik akan membuat karyawan merasa nyaman dan bersemangat dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kompensasi dan lingkungan kerja non fisik terhadap retensi karyawan. Sampel yang digunakan 32 karyawan Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Timur. Analisa pada penelitian ini menggunakan Regresi Berganda. Hasil penelitian membuktikan 4 hipotesis yang menunjukkan bahwah potesis pertama kompensasi terhadap retensi karyawan berpengaruh signifikan, dengan p value 0.004 untuk tabel coefisient, signifikan p value 0.001 untuk tabel correlation dan nilai hubungan 0.513. Hipotesis kedua lingkungan kerja non fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap retensi karyawan, dengan p value untuk coefisient 0.967, untuk p value correlation 0.122 dan tidak ada nilai hubungan karena besarnya nilai hubungan -0.212. Hipotesis ke tiga kompensasi dan lingkungan kerja non fisik berpengaruh terhadap retensi karyawan, dengan tabel ANOVA p value 0.008, nilai hubungan sebesar 0.531 (sedang) dan nilai kontribusi sebesar 28,2%. Hipotesis ke empat prediksi peningkatan kompensasi dan lingkungan kerja non fisik terhadap retensi karyawan dengan hasil uji regresi berganda diperoleh nilai SEE sebesar 4.690 dan simpangan baku sebesar 5.355. Nilai SEE lebih kecol dibandingkan nilai simpangan baku, maka dapat dijasikan predikasi peningkatan retensi karyawan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anshori, Moh. Syaifulsyaiful.anshori94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Organisasi
Kompensasi
Keywords: Kompensasi; Lingkungan kerja non fisik; Retensi karyawan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Anshori Moh. Syaiful
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:56
Last Modified: 12 Feb 2018 07:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22726

Actions (login required)

View Item View Item