Dinamika pengambilan keputusan pemerintahan desa dalam perspektif politik hukum : Studi kasus pengelolahan akhir sampah Desa Tropodo Kecamatan Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Risalah, Muhammad Mukhobbir (2018) Dinamika pengambilan keputusan pemerintahan desa dalam perspektif politik hukum : Studi kasus pengelolahan akhir sampah Desa Tropodo Kecamatan Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Mukhobbir Risalah_E74213139.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan proses menentukan suatu jalan keluar dengan berkomunikasi secara bersama-sama dengan masyarakat, karena aspirasi masyarakat yang menjadi landasan pemerintahan dalam menentukan keputusan. Dalam penelitian memunculkan dua rumusan masalah diantaranya: pertama, bagaimanaBagaimana dinamika pengambilan keputusan pemerintahan desa Tropodo dalam penempatan pengelolaan akhir sampah. KeduaBagaimana problem pengambilan keputusan pemerintahan desa Tropodo dalam penempatan pengelolaan akhir sampah. Penelitian skripsi ini berjudul “Dinamika Pengambilan Keputusan Pemerintahan Desa dalam Perspektif Politik Hukum ( Studi kasus pengelolaan akhir sampah desa Tropodo kecamatan Waru )” yang bertujuan untuk melihat bagaimana dinamika pengambilan keputusan dengan menggunakan prespektif teori politik hukum. Sifat peneitian ini adalah deskriptif, yang menjelaskan data dilapangan dan memberikan penilaian terhadap data tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kalitatif dengan mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan dinamika pengambilan keputusan di Desa Tropodo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Temuan terkait dinamika pengambilan keputusan pemerintahan Desa Tropodo Kecamatan Waru. dalam temuan di lapangan pemerintah desa melakukan mediasi sebagai bentuk penyelesaiannya, namun yang diputuskan oleh pemerintah desa masih belum sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat, tindakan tegas baru dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup kabupaten Sidoarjo yang berpacu pada peraturan daerah nomer 6 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah untuk menutup dan memberhentikan aktivitas pembuangan sampah di desa Tropodo. Kedua, problem dari pengambilan keputusan temuan di lapangan adalah keterbatasan lahan dikarenakan padatnya penduduk. Oleh sebab itu, dalam menentukan suatu kebijakan pemerintahan tidak sekedar memberikan peraturan tetapi juga penanganan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Risalah, Muhammad Mukhobbirepehrisal@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik > Politik Islam
Keywords: Pengambilan Keputusan; Politik Hukum.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Risalah Muhammad Mukhobbir
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:12
Last Modified: 12 Feb 2018 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22720

Actions (login required)

View Item View Item