Media massa sebagai aktor diplomasi publik : analisis framing propaganda Cable News Network (CNN) pada konflik Suriah tahun 2011

Ariffanis, Kufi (2018) Media massa sebagai aktor diplomasi publik : analisis framing propaganda Cable News Network (CNN) pada konflik Suriah tahun 2011. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Kufi Ariffanis _ E04213045.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Media Massa Sebagai Aktor Diplomasi Publik (Analisis Framing Propaganda Cable News Network (CNN) Pada Konflik Suriah Tahun 2011)”. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya media Cable News Network (CNN) dalam membingkai berita konflik Suriah pada awal terjadinya konflik tahun 2011. Serta Untuk mengetahui propaganda yang dilakukan oleh Cable News Network (CNN) pada konflik Suriah tahun 2011 dalam mendukung kebijakan politik luar negeri Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis framing model Pan dan Kosicki. Kemudian teori yang dipakai sebagai pisau analisis dalam penelitian ini adalah teori Diplomasi Publik MCDonald, dan teori Propaganda Dan Nimmo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) media massa Cable News Network (CNN) membingkai berita konflik Suriah pada awal terjadinya konflik tahun 2011,hasilnya menunjukkan bahwa media CNN dalam membingkai konflik di Suriah menyudutkan pihak Bashar Assad.
Maka bisa dikatakan bahwa media ini kontra dengan rezim Bashar Assad, mulai dari cara menyuguhkan berita, pemilihan fakta yang disajikan dalam berita sampai dengan gambar yang ditampilkan dalam berita, semua merujuk pada sikap kontra terhadap Bashar Assad. (2) CNN melakukan propaganda yang bertujuan untuk menciptakan opini public internasional yang menyudutkan rezim Bashar Assad yang telah melanggar HAM dengan membunuh warga sipil dan anak-anak Suriah. Pemberitaan inipun mempengaruhi masyarakat AS dan diluar AS dengan mengecam kekerasan yang terjadi di Suriah. Hal ini dapat dilihat dengan dijatuhkannya sanksi ekonomi terhadap Suriah, dengan pembekuan aset Suriah di AS. Seperti halnya AS, Uni Eropa juga menjatuhkan sanksi kepada semua anggota Pemerintah Suriah, pembekuan semua asset serta menyerukan agar Bashar Assad mundur dari jabatannya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hakim, M. Fathoni
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing: Propaganda: Konflik Suriah.
Subjects: Politik > Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Ariffanis Kufi
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:58
Last Modified: 12 Feb 2018 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22702

Actions (login required)

View Item View Item