Teknik Biblioterapi dalam pengembangan moral anak terhadap orang tua di Kelurahan Jemursari Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Nailul (2018) Teknik Biblioterapi dalam pengembangan moral anak terhadap orang tua di Kelurahan Jemursari Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nailul fauziyah_B73214072.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Moral adalah barometer yang digunakan masyarakat dalam menilai seseorang. Fenomenanya, banyak terjadi degradasi moral masyarakat yang tidak hanya terjadi pada kalangan usia dewasa, degradasi moral ini juga menggeneralisasi pada semua usia termasuk remaja dan anak-anak. Untuk itulah perlunya memberikan pendidikan moral sejak dini pada anak. Dalam penelitian ini, pembatasan masalah (fokus) yaitu (1) Bagaimana proses dari pelaksanaan teknik biblioterapi dalam pengembangan moral anak terhadap orang tua, (2) Bagaimana hasil dari penerapan teknik biblioterapi dalam pengembangan moral anak terhadap orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus, dengan analisis data deskriptif komparatif, yaitu membandingkan kondisi klien antara sebelum pemberian teknik biblioterapi dengan sesudah pemberian teknik biblioterapi. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses pemberian teknik bilioterapi dalam pengembangan moral anak terhadap orang tua menggunakan teknik bimbingan konsseling pada umumnya dengan melalui 5 tahapan teknik biblioterapi yaitu pemberian motivasi, memberi waktu membaca yang cukup kepada klien, inkubasi (perenungan isi buku dan kenyataan yang dilakukan dengan diskusi antara peneliti dan klien), tindak lanjut dan diskusi serta evaluasi. Buku yang digunakan dalam proses terapi yaitu “Malin Kundang si Anak Durhaka” dan “Aku Sayang Ayah Bunda”. Hasil akhir penelitian, klien mengalami perubahan yang cukup baik. Frekuensi klien dalam menggunakan kalimat yang kasar serta penolakan terhadap perintah orang tua berkurang. Sehingga perubahan tersebut menunjukkan teknik biblioterapi memberikan dampak adanya perkembangan moral klien terhadap orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Nailulnailulf96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Bimbingan Konseling
Etika
Keywords: Pengembangan moral anak; teknik Biblioterapi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fauziyah Nailul
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:44
Last Modified: 12 Feb 2018 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22686

Actions (login required)

View Item View Item