Analisis komparatif tingkat kesehatan bank antar bank umum syariah dengan menggunakan metode RGEC pada laporan keuangan triwulan pertama 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmil Ulum, Achmad (2018) Analisis komparatif tingkat kesehatan bank antar bank umum syariah dengan menggunakan metode RGEC pada laporan keuangan triwulan pertama 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad Fahmil Ulum_C34213068.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Komparatif Tingkat Kesehatan Bank antar Bank Umum Syariah dengan Menggunakan Metode RGEC pada Laporan Keuangan Triwulan Pertama 2017” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan yang pertama Apakah terdapat perbedaan tingkat kesehatan antar Bank Umum Syariah pada faktor Risk Profile kemudian Apakah terdapat perbedaan tingkat kesehatan antar Bank Umum Syariah pada faktor Earnings dan yang terakhir apakah terdapat perbedaan tingkat kesehatan antar Bank Umum Syariah pada faktor Capital. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan adalah bank Umum Syariah dengan menggunakan teknik pengambilan sampling non probability dan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Berdasarkan Penilaian tingkat kesehatan bank dilihat dari faktor risk profile pada periode triwulan pertama 2017 melaui rasio NPF menunjukkan PT. Bank BNI Syariah tahun 2017 mendapatkan hasil lebih kecil dibandingkan hasil dari PT. Bank BRI Syariah yang lebih kecil dari hasil PT. Bank Mandiri Syariah. Kemudian dari rasio FDR menunjukkan PT. Bank BRI Syariah tahun 2017 mendapatkan hasil yang lebih kecil dibandingkan hasil dari PT. Bank Mandiri Syariah yang lebih kecil dari hasil PT. BNI Syariah. Penilaian tingkat kesehatan bank dilihat dari faktor earnings pada periode triwulan pertama 2017 melaui rasio CAR (Capital Adequacy Ratio) sebagai berikut, PT. Bank BRI Syariah tahun 2017 mendapatkan hasil lebih besar dibandingkan dari PT. Bank BNI Syariah yang lebih besar dari hasil PT. Bank Mandiri Syariah. Penilaian tingkat kesehatan bank dilihat dari faktor capital pada periode triwulan pertama 2017 melaui rasio ROA (return on asset) PT. Bank BNI Syariah tahun 2017 mendapatkan hasil lebih besar dibandingkan hasil dari PT. Bank BRI Syariah yang lebih besar dari hasil PT. Bank Mandiri Syariah. Kemudian dilihat melalui rasio BOPO PT. Bank BNI Syariah tahun 2017 mendapatkan yang lebih kecil dibandingkan hasil dari PT. Bank BRI Syariah lebih kecil dari hasil PT. Bank Mandiri Syariah. Dari hasil dari penilaian kesehatan dengan menggunakan metode RGEC diharapkan bagi perusahaan untuk memperhatikan setiap faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan sebuah bank mengingat mulai maraknya perbankan syariah di Indonesia dan mulai tertariknya masayarakat akan ekonomi syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmil Ulum, Achmadfahmilachmad@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Keywords: Analisis komparatif; Tingkat kesehatan bank; Bank umum syariah; Metode RGEC; Laporan keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ulum Achmad Fahmil
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:26
Last Modified: 12 Feb 2018 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22681

Actions (login required)

View Item View Item