Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar Matematika siswa berdasarkan teori al Mawardi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indah, Nuri Wahida (2018) Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar Matematika siswa berdasarkan teori al Mawardi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nuri Wahida Indah_D94213116.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Taksonomi yang menjadi satu-satunya model taksonomi tujuan pembelajaran yang digunakan sebagai acuan mengembangkan kurikulum dalam sistem pendidikan di Indonesia adalah taksonomi Bloom. Meskipun demikian, dalam merumuskan tujuan pembelajaran sebenarnya peradaban Islam juga memiliki para ahli yang berpengaruh, salah satunya yaitu Al Mawardi. Beliau mengungkapkan bahwa terdapat sekurang-kurangnya empat indikator keberhasilan siswa dalam belajar, yang dikenal dengan nama teori Al Mawardi. Teori Al Mawardi di atas bila dilihat secara konkrit akan terlihat perbedaan dengan domain keberhasilan belajar yang dikemukakan oleh Bloom. Perbedaannya adalah Al Mawardi tidak menjelaskan doman-domain itu secara rinci. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang pengembangan instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa berdasarkan teori Al Mawardi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa berdasarkan teori Al Mawardi, dan untuk mengetahui kevalidan serta reliabilitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkat yang dikembangkan adalah instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa yang berdasarkan teori Al Mawardi, yaitu penilaian kognitif yang berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda dan uraian. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan namun dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu, Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), dan Pengembangan (Develop). Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) proses pengembangan instrumen penilaian hasil belajar matematika siswa, dimulai dengan tahap pendefinisian yang diperoleh dengan cara melakukan wawancara kepada beberapa siswa dan satu guru matematika serta dengan melakukan pengamatan, kemudian tahap perancangan yang diperoleh dengan cara menyusun kisi-kisi instrumen penilaian dan menyusun instrumen penilaian, selanjutnya tahap pengembangan yang diperoleh dengan cara validasi dan uji coba; (2) dari 20 butir soal yang dikembangkan, 19 butir soal dinyatakan valid dan sisanya tidak valid yang diperoleh dengan cara melakukan validasi kepada dua validator dan menggunakan rumus korelasi Product Moment; dan (3) reliabilitas untuk butir soal yang dikembangkan termasuk dalam kategori tinggi, yang diperoleh dengan cara menggunakan rumus Cronbach’s Alpha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indah, Nuri Wahidanuriwahidaindah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Matematika
Keywords: Instrumen penilaian; al Mawardi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Indah Nuri Wahida
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:25
Last Modified: 12 Feb 2018 04:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22670

Actions (login required)

View Item View Item