Identifikasi proses berpikir anak dalam melukis lingkaran dalam dan luar pada segitiga dengan teori Wallas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdullah, Ridwan (2018) Identifikasi proses berpikir anak dalam melukis lingkaran dalam dan luar pada segitiga dengan teori Wallas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ridwan Abdullah_D74213087.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyak penelitian sebelumnya yang berkesimpulan bahwa kemampuan dasar geometri yang di dalamnya terdapat kemampuan melukis (drawing skill) masih jauh dari kata memuaskan. Hal ini ditenggarai oleh beragamnya tingkat kreativitas yang dimiliki siswa, sehingga agak sedikit sulit ketika guru akan melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas. Lebih lanjut, beberapa penelitian yang berfokus pada kemampuan melukis geometri berkesimpulan bahwa kemampuan ini dipengaruhi oleh kemampuan kreativitas yang dimiliki siswa. Karena berpengaruhnya kemampuan kreativitas siswa dalam melukis, maka perlu bagi siswa untuk diketahui tingkatan kreativitasnya dahulu sebelum mengetahui kemampuan melukisnya. Teori tahapan berpikir kreatif yang paling sering digunakan dalam sebuah penelitian adalah teori Graham Wallas. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses berpikir anak dalam melukis lingkaran dalam dan luar pada segitiga dengan teori Wallas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan materi matematika kelas VIII yaitu lingkaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Gedangan Sidoarjo pada siswa kelas VIII. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa yang diambil dari kelas VIII-H, yaitu 2 siswa dengan tingkat kreatif tinggi, 2 siswa dengan tingkat kreatif sedang, dan 2 siswa dengan tingkat kreatif rendah. Dalam penelitian ini, triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber, yaitu data-data yang dikumpulkan berasal dari sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa SMP dengan tingkat kreatif tinggi termasuk golongan anak yang mampu memenuhi semua tahapan berpikir kreatif Graham Wallas yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi; (2) siswa SMP dengan tingkat kreatif sedang termasuk golongan anak yang hanya mampu memenuhi beberapa tahapan berpikir kreatif Graham Wallas yaitu persiapan dan inkubasi; (3) siswa SMP dengan tingkat kreatif rendah termasuk golongan anak yang tidak mampu memenuhi semua tahapan berpikir kreatif Graham Wallas yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdullah, Ridwanridwan090195@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Kreatifitas; lingkungan dalam dan luar; Wallas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Abdullah Ridwan
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:45
Last Modified: 28 Aug 2018 02:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22667

Actions (login required)

View Item View Item