Pengembangan soal cerita menggunakan komik Matematika bernuansa Islami pada materi perbandingan Kelas VII

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Annisa Fauzia (2018) Pengembangan soal cerita menggunakan komik Matematika bernuansa Islami pada materi perbandingan Kelas VII. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Annisa Fauzia Khasanah_D94213103.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan (development research) ini dilatarbelakangi karena masih banyaknya siswa kelas VII yang melakukan kesalahan pada saat menyelesaikan soal cerita matematika, khususnya pada materi perbandingan. Oleh karena itu, diperlukan ide-ide kreatif untuk menciptakan bentuk soal cerita yang tepat dan inovatif, salah satunya dalam bentuk komik. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk: (1) mengetahui proses pengembangan, (2) efektivitas penggunaan yang dinilai dari terpenuhinya syarat kelayakan dari para ahli dan pengaruh komik matematika bernuansa Islami mengurangi kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita, serta (3) respon siswa terhadap komik matematika bernuansa Islami. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gedangan pada siswa kelas VII-G dengan banyak subjek 37 siswa. Siswa diberikan soal cerita biasa (uji kemampuan awal) dan soal cerita dalam komik matematika bernuansa Islami (uji kemampuan akhir). Kemudian kedua hasil pengerjaan siswa dianalisis menggunakan metode Fong’s schematic model for error analysis atau metode skema Fong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan komik matematika bernuansa Islami menggunakan pengembangan Plomp. Adapun fase-fase pengembangannya adalah: (a) fase penelitian pendahuluan (preliminary research) (b) fase pembuatan prototipe (prototyping research), dan (c) fase penilaian (assessment phase) (2) penggunaan komik matematika bernuansa Islami dinilai telah efektif karena telah memenuhi syarat kelayakan oleh para ahli dan dengan uji ststistik non parametric didapatkan kesimpulan bahwa komik matematika bernuansa Islami dapat mengurangi kesalahan skema siswa pada soal cerita, serta (3) respon siswa terhadap komik matematika bernuansa Islami sangat baik dengan besar persentase 80,61%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Annisa Fauziaannisafauziakha@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: komik matematika bernuansa Islami; Fong’s schematic model for error analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Khasanah Annisa Fauzia
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:55
Last Modified: 12 Feb 2018 02:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22660

Actions (login required)

View Item View Item