Konsep keluarga bahagia dalam Al Quran dan kontekstualisasinya prespektif Misbah Mustofa dan Quraish Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausirrochim, Nailun Nuril (2018) Konsep keluarga bahagia dalam Al Quran dan kontekstualisasinya prespektif Misbah Mustofa dan Quraish Shihab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Nailun Nuril Firdausirrochim_E93214079.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pernikahan untuk membangun sebuah keluarga merupakan salah satu misi kenabian yang didalamnya menyangkut relasi vertikal dan horizontal. Maksudnya adalah pernikahan yang nantinya akan membentuk sebuah keluarga memiliki andil yang sangat penting dalam pencapaian kedekatan ibadah kepada Allah dan juga memiliki peran penting dalam berkiprah di masyarakat sebagai wujud ibadah h{ablun min al-na>s kita. Dewasa ini terjadi peningkatan angka perceraian di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran warga Indonesia terhadap pembinaan keluarga yang bahagia masih sangat kurang. Peristiwa ini terjadi karena kurangnya pemahaman terhadap pentunjuk Alquran terkait bagaiamana membina keluarga agar menjadi keluarga yang bahagia.
Dalam pnulisan ini penulis menggunakan dua rumusan masalah, yaitu; Bagaimana konsep keluarga bahagia menurut Alquran dan bagaimana konstekstualisasi konsep keluarga bahagia prespektif mufassir nusantara.Dengan menggunakan metode conntent analysis, penulis mencoba mengumpulkan data dari berbagai sumber/dokumentasi baik berupa buka/kitab-kitab tafsir. Sedangkan dalam mengkaji ayat penulis menggunakan metode mawdhui konseptual, yaitu metode yang dilakukan dengan caara menghimpun ayat yang membahas satu topic tanpa mengharuskan adanya sebuah term atau ayat yang dikaji harus satu surat.Setelah melakukan penelitian mengenai konsep keluarga bahagia menurut para ahli psikologi dan sosiologi, kemudian melakukan pembacaan terhadap penafsiran ayat-ayat terkait dengan konsep keluarga bhagia, penulis menimpulkan bahwa yang dimaksud keluargabahagia adalah keluarga yang sakinah, mawaddah} dan rah}mat, sesuai dengan yang terkandung dalam QS.Ar- Rum ayat 21. Penulis menyimpulkan bahwa QS.Ar- Rum ayat 21 ini merupakan sebuah tujuan atau muara, sedang ayat-ayat lain tentang keluarga bahagia dalam Alquran adalah cara menuju tujuan tersebut. Diharapkan karya ini mampu menjembatani pemahaman masyarakat terhadap Alquran sehingga menjadi solusi bagi keluarga-keluarga di Indonesia dalam membina keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausirrochim, Nailun Nurilnailunnuril95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Keluarga bahagia; Quraish: Misbah; Mustofa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Firdausirrochim Nailun Nuril
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:48
Last Modified: 12 Feb 2018 04:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22651

Available Versions of this Item

  • Konsep keluarga bahagia dalam Al Quran dan kontekstualisasinya prespektif Misbah Mustofa dan Quraish Shihab. (deposited 12 Feb 2018 04:48) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item