Konsep kapitalisme Max Weber dalam prespektif islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umma, Riska hidayatul (2018) Konsep kapitalisme Max Weber dalam prespektif islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Riska Hidayatul Umma_E01213073.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian Max Weber adalah seorang ahli ekonomi politik dan sosiolog dari jerman yang dianggap sebagai salah satu pendiri ilmu sosiologi dan administrasi Negara modern yang mempunyai ideology “semangat kapitalis” untuk meghasilkan pendapatan dan khususnya mencari uang sebagai tujuan utama. Weber menyimpulkan bahwa etika Protestan telah melahirkan prestasi ekonomi yang luar biasa, berkat nilai-nilai hidup hemat yang menimbulkan gerakan menabung untuk hari esok, keyakinan sebagai manusia pilihan Tuhan yang potensial mendorong gairah bekerja keras untuk membuktikan keterpilihan itu bahkan sampai pada pencapaian prestasi yang bersifat keduniaan. Semakin banyak harta yang dimiliki, maka semakin tebal keimanannya kepada tuhan. Begitu pula sebaliknya semakin sedikit harta yang dimiliki maka dapat ditegaskan keimanan kepada tuhannya juga rendah. Skripsi ini adalah hasil penelitian yang berupa pustaka (library research). Secara garis besar penelitian ini dibagi dalam dua tahap, yaitu pengumpulan data dan pengelolahan data baik itu dokumentasi maupun literature yang dibutuhkan. Konsep kapitalisme Max Weber mempunyai pemikiran bahwa perekonomian harus didasari dengan ilmu agama. Hanya saja pada pandangan Max Weber ini masih menganut ajaran kapitalisme untuk mencari keuntungan berlebih. Tetapi di samping itu Max Weber juga mengajarkan bahwa meskipun mempunyai keuntungan yang tinggi hendaklah masih mengingat tuhan untuk bersedekah dan membantu bagi yang membutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umma, Riska hidayatulriska_hidayatulumma@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kapitalisme; Max Weber
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Umma Riska Hidayatul
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:33
Last Modified: 12 Feb 2018 08:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22645

Actions (login required)

View Item View Item