Peningkatan keterampilan proses sains dengan menerapkan metode eksperimen pada materi gaya mata pelajaran IPA kelas IV MI Roudlotul Mu’allimin Laban Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardah, Irva Zahrotul (2018) Peningkatan keterampilan proses sains dengan menerapkan metode eksperimen pada materi gaya mata pelajaran IPA kelas IV MI Roudlotul Mu’allimin Laban Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irva Zahrotul Wardah_D07214005 .pdf

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan proses sains yang rendah pada materi gaya di MI Roudlotul Mu’allimin Laban merupakan awal dari adanya penelitian ini. Proses pembelajaran yang kurang menarik menjadikan siswa pasif di kelas. Metode ceramah dan penugasan adalah sistem pembelajaran yang selama ini banyak dilakukan guru. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Metode eksperimen diberikan dengan tujuan untuk memberikan penguatan, pengetahuan, dan pemahaman kepada siswa dengan menggunakan tugas-tugas atau penelitian dalam bentuk percobaan terhadap objek-objek lingkungan alam atau lainnya berdasarkan materi gaya gesek. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi gaya mata pelajaran IPA kelas IV MI Roudlotul Mu’allimin Laban-Menganti-Gresik. 2) Mengetahui peningkatan keterampilan proses sains pada materi gaya mata pelajaran IPA kelas IV MI Roudlotul Mu’allimin Laban-Menganti-Gresik melalui metode eksperimen.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Hoopkins yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdapat 4 fase. Penelitian ini dilakukan di MI Roudlotul Mu’allimin Laban pada kelas IV dengan siswa sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas guru dengan skor perolehan 70 (cukup) pada siklus I meningkat 87,5 (baik) pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I memeproleh skor 68,75 (cukup) ke siklus II sebesar 90 (sangat baik). 2) Peningkatan keterampilan proses sains materi gaya mendapat rata-rata nilai 35 dengan persentase 0% (gagal) siswa yang tuntas pada pra siklus, nilai rata-rata 58 dengan persentase 34,6% (gagal) siswa yang tuntas pada siklus I, meningkat dengan nilai rata-rata 81 dengan persentase 84,6% (baik) pada siklus II. Berdasarkan hail penelitian aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan metode eksperimen menghasilkan perubahan kea rah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardah, Irva Zahrotulzahrairva@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses Sains; metode eksperimen; materi gaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wardah Irva Zahrotul
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:36
Last Modified: 12 Feb 2018 04:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22633

Actions (login required)

View Item View Item