Penerapan Cooperative Learning tipe Tea Party untuk meningkatkan keterampilan menemukan ide pokok paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khamidiyah, Izzah Riyatna (2018) Penerapan Cooperative Learning tipe Tea Party untuk meningkatkan keterampilan menemukan ide pokok paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzah Riyatna Khamidiyah_D07214006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf dengan membaca cepat. Data yang didapatkan menunjukkan dari 30 siswa, hanya 8 siswa yang memenuhi nilai KKM 75. Sedangkan 22 siswa yang lain mendapatkan nilai di bawah KKM. Sehingga, penerapan Cooperative Learning tipe Tea Party diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui penerapan Cooperative Learning tipe Tea Party untuk meningkatkan keterampilan menemukan ide pokok paragraf di kelas IV MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menemukan ide pokok paragraf melalui Cooperative Learning tipe Tea Party di kelas IV MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus. Dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Bina Bangsa Krembangan Surabaya yang terdiri dari 30 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah penerapan Cooperative Learning tipe Tea Party. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Cooperative Learning tipe Tea Party dapat meningkatkan aktivitas guru. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian aktivitas guru, dengan skor perolehan siklus I sebesar 80,43 (cukup), dan meningkat pada siklus II menjadi 96,7 (sangat baik). Dibuktikan juga dari aktivitas siswa meningkat dari siklus I adalah 77,27 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,5 (sangat baik). 2) Peningkatan keterampilan menemukan ide pokok paragraf melalui Cooperative Learning tipe Tea Party mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pra siklus sebesar 61,33 (kurang) dengan prosentase ketuntasan menemukan ide pokok paragraf 27% (gagal), berubah menjadi 74,1 (cukup) dengan prosentase 66,6% (kurang) pada siklus I, dan menjadi 91,16 (sangat baik) dengan prosentase 93,3% (sangat baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khamidiyah, Izzah Riyatnaizzahriyatna36@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Tipe Tea Party; menemukan ide pokok paragraf
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khamidiyah Izzah Riyatna
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:23
Last Modified: 12 Feb 2018 04:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22632

Actions (login required)

View Item View Item