Pengaruh pendayagunaan zakat produktif terhadap pertumbuhan usaha mikro dan penyerapan tenaga kerja mustahiq pada program Jatim Makmur BAZNAS Jawa Timur

Azhari, Roikha (2018) Pengaruh pendayagunaan zakat produktif terhadap pertumbuhan usaha mikro dan penyerapan tenaga kerja mustahiq pada program Jatim Makmur BAZNAS Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Roikha Azhari_G74214121.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kuantitatif untuk menguji hipotesisnya apakah pendayagunaan zakat produktif berpengaruh terhadap pertumbuhan usaha miko dan apakah usaha mikro berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja mustahiq pada program Jatim Makmur BAZNAS Jawa Timur. Data penelitian dihimpun melalui angket yang disebarkan kepada mustahiq penerima bantuan zakat produktif BAZNAS Jawa Timur. Selanjutnya dianalisis menggunkan statistik partial least squares dengan bantun smartPLS0.3 for windows. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksploratif, untuk perluasan suatu teori struktural yang ada, serta untuk mengetahui pengaruh dari zakat produktif, maka digunakan analisis partial least squares, jumlah sampel pada penelitian ini adalah 55 mustahiq. Untuk pengujian analisis data menggunakan evaluasi model struktural dan evaluasi model pengukuran. Hasil perhitungan PLS menunjukkan bahwa koefisien hasil pengujian hipotesis (path modeling) zakat produktif terhadap pertumbuhan usaha mikro sebesar 0,837 dan T-statistic sebesar 9.835 dan p-value sebesar 0.000. Jadi, nilai koefisien path lebih dari 1,96 serta nilai p-value berada di angka yang lebih kecil dari 0,05 atau 5%, sehingga hipotesis adanya pengaruh pendayagunaan zakat produktif terhadap pertumbuhan usaha mikro diterima. Sedangkan hipotesis adanya pengaruh pertumbuhan usaha mikro terhadap penyerapan tenaga kerja dengan T-statistic sebesar 0.919 dan p-value sebesar 0.000. Jadi, nilai koefisien path 26.049 lebih dari 1,96 serta nilai p-value berada di angka yang lebih kecil dari 0,05 atau 5% menunjukkan bahwa hipotesis yang kedua juga diterima. Artinya semakin besar manfaat, hasil dan juga besaran zakat produktif yang diberikan kepada mustahiq berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan usaha mikro, dan semakin tinggi tingkat pertumbuhan usaha mikro maka dapat menaikkan indikator penyerapan tenaga kerja.Dengan melihat hasil koefisien determinasi (r Square) sebesar 0.701 yang artinya variabel pertumbuhan usaha mikro dipengaruhi oleh zakat produktif sebesar 70,1%, sisanya dipengaruhi oleh variabel atau faktor di luar penelitian ini, selanjutnya penyerapan tenaga kerja dipengaruhi oleh zakat produktif dan pertumbuhan usaha mikro sebesar 84,2%, sisanya dapat dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Laili, Ummiy Fauziyah
Uncontrolled Keywords: Zakat produktif; pertumbuhan usaha mikro; penyerapan tenaga kerja
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Ekonomi Islam
Tenaga Kerja
Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Azhari Roikha
Date Deposited: 12 Feb 2018 01:20
Last Modified: 12 Feb 2018 01:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22629

Actions (login required)

View Item View Item