Perilaku komunikasi antar umat beragama di Desa Windu Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Syarif (2018) Perilaku komunikasi antar umat beragama di Desa Windu Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Syarif Hidayatullah_B06213045.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Untuk mengungkap masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi komuniksi yang berguna untuk mendeskripsikan fenomena komunikasi yang dilakukan oleh antar personal beda agama, yang akan dilakukan dengan observasi partisipatori dan wawancara mendalam dengan informan. Pengkajian etnografi komunikasi ditujukan pada peranan bahasa dalam perilaku komunikatif suatu masyarakat, yaitu mengenai cara-cara bagaimana bahasa dipergunakan dalam masyarakat yang berbeda kepercayaan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam melakukan hubungan komunikasi, warga desa Windu yang beragam agama cenderung menggunakan bahasa verbal (bahasa Indonesia dan bahasa jawa) tatkala berkomunikasi dengan warga yang satu agama atau dengan warga yang berbeda agama (dengan menyasuaikan siapa lawan bicaranya/siapa yang mengajak bicara), (2) Terdapat pola atau perilaku komunikas yang harmonis dan dinamis diantara warga desa yang berbeda agama atau berbeda kepercayaan di desa Windu, hal itu dikarenakan adanya kesadaran yang sangat besar tentang toleransi dan saling mengerti antara satu dengan lainnya dalam menjalankan kewajiban sebagai warga desa yang baik.Setidaknya ada beberapa saranyang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan mengenai hasil penelitian ini adalah (1) dapat menciptakan serta membangun nilai-nilai sosial dikalangan masyarakat yang secara fikir atau perilaku mengakui adanya budaya, norma dan etika yang harus dijunjung tinggi,(2) dapat memberikan masukan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap melakukan interaksi dan menjalin komunikasi walaupun berbeda kepercayaan atau berbeda kebudayaan guna mempererat keutuhan dalam menjadi berwarga negara yang baik (3) diharapkan penelitian ini dapat menambah dan memperkaya khasanah keilmuan dan dapat menjadi acuan untuk penelitian selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Syarifhidaytullahsyarif1922@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Kebudayaan Jawa
Uncontrolled Keywords: perilaku komunikasi; interaksi simbolik; model interaksional; Desa Windu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Hidayatullah Syarif
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:38
Last Modified: 12 Feb 2018 03:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22625

Actions (login required)

View Item View Item