Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika berbasis warisan budaya Indonesia untuk melatihkan literasi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithriyah, Ahdini Ida (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika berbasis warisan budaya Indonesia untuk melatihkan literasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahdini Ida Fithriyah_D94213102.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis warisan budaya Indonesia yang valid, praktis, dan efektif guna melatihkan literasi matematis siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP dan LKS. Perangkat pembelajaran dikembangkan berbasis warisan budaya Indonesia, khususnya budaya-budaya yang ada di lingkungan sekitar siswa. Pembelajaran matematika berbasis warisan budaya Indonesia diharapkan dapat menjadikan siswa lebih mengenal dan cinta terhadap budaya Indonesia, khususnya budaya yang ada di lingkungan sekitarnya. Selain itu, penggunaan budaya Indonesia sebagai bahan ajar matematika dengan konteks realistik diharapkan dapat melatihkan literasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan acuan model pengembangan Plomp. Model penelitian pengembangan Plomp terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pembuatan prototype (prototyping phase), dan fase penilaian (assesment phase). Uji coba penelitian ini dilakukan pada 35 siswa MTsN Krian. Data yang diperoleh selama penelitian adalah data catatan lapangan, data validasi perangkat pembelajaran, data keterlaksanaan sintaks, data respon siswa, data aktivitas siswa, dan data tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data penelitian diperoleh data kevalidan perangkat pembelajaran dengan rata-rata total validitas sebesar 4,09 untuk RPP pertemuan ke-1 dan 4,10 untuk RPP pertemuan ke-2, sedangkan untuk LKS diperoleh data kevalidan perangkat pembelajaran dengan rata-rata total validitas sebesar 4,34 untuk pertemuan ke-1 dan 4,28 untuk pertemuan ke-2. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan catatan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase rata-rata keterlaksanaan sintaks adalah 88,5%; respon positif siswa lebih dari 70%, persentase aktivitas siswa yang mendukung pembelajaran matematika berbasis warisan budaya Indonesia adalah 14%, sedangkan siswa yang tidak mendukung pembelajaran matematika berbasis warisan budaya Indonesia 2,5%. Persentase tes hasil belajar adalah 77,2% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal, sedangkan 22,8% siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithriyah, Ahdini Idaahdinifithriyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Budaya
Uncontrolled Keywords: Pengembangan perangkat; warisan budaya; literasi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fithriyah Ahdini Ida
Date Deposited: 12 Feb 2018 03:50
Last Modified: 12 Feb 2018 03:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22621

Actions (login required)

View Item View Item