Motivasi pengabdian shadow teacher sebagai pendidik di SD Muhammadiyah 16 Surabaya perspekti etika deontologi dan teleologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur Faizah, Mima (2018) Motivasi pengabdian shadow teacher sebagai pendidik di SD Muhammadiyah 16 Surabaya perspekti etika deontologi dan teleologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mima Nur Faizah_E01213042.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai motivasi pengabdian Shadow Teacher dipandang dari kacamata Etika Deontologi dan Teleologi. Dalam kehidupan, manusia tidak ada yang sempurna. Bahkan manusia normalpun masih memiliki kekurangan apalagi yang tergolong Anak Berkebutuhan Khusus, tentunya memiliki kelemahan-kelemahan dalam pencapaian segala aspek. Oleh karena itu anak-anak tersebut sangat membutuhkan perlayanan khusus, salah satunya diantaranya kebutuhan pendidikan. Dengan terpenuhi kebutuhan pendidikan mereka, diharapkan bisa mengendalikan dan mengurus dirinya sendiri tanpa bergantung dengan orang lain. Agar dalam proses pencapaian semua itu dan juga agar pembelajaran bisa berjalan dengan lancar maka dibutuhkan seorang Shadow Teacher. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana motivasi pengabdian Shadow Teacher sebagai pendidik di sekolah SD Muhammadiyah 16 Surabaya. 2. Bagaimana motivasi pengabdian tersebut jika dilihat dari etika deontologi dan teleologi. Metode pembahasan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian dengan pendekatan kualitatif menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1. Berprofesi menjadi Shadow Teacher memiliki bermacam motivasi, ada yang memilih profesi tersebut karena adanya keinginan dari hati, ada yang berprofesi tersebut karena tuntutan dari orang tua dan juga yang memang dari keinginannya sendiri dan juga atas dorongan dari rang tuanya 2. Menurut teori deontologi menjadi seorang Shadow Teacher dikatakan baik ketika pekerjaan tersebut dilakukan tanpa pamrih tanpa memikirkan konsekuensi yang harus diterima. Sedangkan Menjadi seorang Shadow Teacher dikatakan baik oleh teori teleologi jika anak-anak mereka bisa mandiri dalam melakukan aktifitas sehari-hari karena itu merupakan salah satu tujuan Shadow Teacher dalam mendidik anak-anak berkebutuhan khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur Faizah, Mimamimanurfaizah20@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat > Filsafat Islam
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Shadow Teacher; Deontologi; Teleologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Faizah Mima Nur
Date Deposited: 12 Feb 2018 07:32
Last Modified: 12 Feb 2018 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22598

Actions (login required)

View Item View Item