Peningkatan keterampilan berbicara materi memberikan tanggapan disertai alasan melalui metode Talking Chips pada siswa kelas VIA MI Badrussalam Kali Kendal Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayni, Lailatul Nurul (2018) Peningkatan keterampilan berbicara materi memberikan tanggapan disertai alasan melalui metode Talking Chips pada siswa kelas VIA MI Badrussalam Kali Kendal Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailatul Nurul Ayni_D07214007.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan alasan rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Masalah belajar yang dialami oleh siswa pada saat proses pembelajaran berbicara yang umum yaitu siswa belum mampu berbicara secara formal. Masih banyak siswa yang berbicara menggunakan bahasa ibu dan bahasa dari pengaruh lingkungan tempat tinggalnya. Siswa belum bisa membiasakan diri memiliki sikap percaya diri, siswa masih terkesan malu-malu dalam berbicara untuk mengemukakan pendapat dan ide atau gagasannya di depan umum. Metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa yaitu metode talking chips. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan metode talking chips dalam meningkatkan keterampilan berbicara materi memberikan tanggapan disertai alasan pada siswa kelas VIA MI Badrussalam Kali Kendal Surabaya. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan berbicara materi memberikan tanggapan disertai alasan melalui metode talking chips pada siswa kelas VIA MI Badrussalam Kali Kendal Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIA MI Badrussalam Kali Kendal Surabaya, dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode talking chips dikatakan berjalan dengan baik. Aktivitas guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan, dari nilai 81,6 (tinggi) menjadi 90,8 (sangat tinggi) pada siklus II. Aktivitas siwa pada siklus I sebesar 77,8 (cukup) menjadi 90,3 (sangat tinggi) pada siklus II. (2) Adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada setiap siklus, yakni rata-rata siswa pra siklus sebesar 72,2 (cukup) siklus I sebesar 78 (cukup) dan menjadi 81 (tinggi) pada siklus II, sedangkan persentase ketuntasan keterampilan berbicara siswa pada pra siklus 48% (rendah), siklus I sebesar 68% (cukup) dan meningkat menjadi 88% (tinggi) pada siklus II. Siklus I hanya 17 siswa dari 25 siswa yang tuntas sedangkan pada siklus II 22 siswa dari 25 siswa yang tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayni, Lailatul Nurullailatulnurulayni@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara; tanggapan; metode; talking Chips
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lailatul Nurul Ayni
Date Deposited: 13 Feb 2018 06:14
Last Modified: 13 Feb 2018 06:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22597

Actions (login required)

View Item View Item