Peran Koperasi BMT Al-Fithrah Mandiri Syariah dalam mereduksi praktik rentenir di masyarakat Kecamatan Kenjeran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aristha, Nurus Shoba (2018) Peran Koperasi BMT Al-Fithrah Mandiri Syariah dalam mereduksi praktik rentenir di masyarakat Kecamatan Kenjeran Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurus Shoba Aristha_G04214034.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana strategi Koperasi BMT Al Fithrah Mandiri Syariah dalam mereduksi praktik rentenir di masyarakat Kecamatan Kenjeran Surabaya dan bagaimana peran Koperasi BMT Al Fithrah Mandiri Syariah dalam mereduksi praktik rentenir di masyarakat Kecamatan Kenjeran Surabaya.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada objek.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Setelah menemukan data tersebut, penulis menganalisis secara induktif.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi Koperasi BMT Al Fithrah Mandiri Syariah dalan mereduksi praktik rentenir itulebih berfokus kepada strategi pemasaran yakni dengan melakukan operasi pasar/memberikan sosialisasi baik secara personal ataupun kolektif kepada masayarakat, variasi produk simpanan, layanan jemput bola, memaksimalkan pembiayaan dengan cara menawarkan jaminan yang ringan, margin yang relatif rendah, dan pelayanan yang cepat dan mudah, pemberian bonus dan take over. Sedangkan peran dari keberadaan Koperasi BMT Al Fithrah Mandiri Syariah ditengah-tengah masyarakat adalah memberdayakan ekonomi umat khususnya anggota, mengubah persepsi masyarakat tentang lembaga keuangan syariah, dan menjadi solusi atau pilihan alternatif bagi masyarakat agar terbebas dari jerat rentenir. Saran peneliti, strategi pemasaran yang diterapkan Koperasi BMT Al Fithrah Mandiri Syariah sudah komplit dan sudah sesuai dengan teori pemasaran yang ada hanya saja agar bisa bersaing dengan jasa rentenir BMT A Fithrah harus lebih cepat dan tanggap dalam memproses ataupun mencairkan pengajuan pembiayaan dari anggota. Dan untuk peran dari keberadaan BMT Al Fithrah sudah sesuai dengan yang diharapakan oleh masyarakat hanya saja untuk dapat mengoptimalkan peran BMT, dukungan dari pemerintah sangat dibutuhkan oleh BMT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aristha, Nurus Shobanurussobah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Koperasi
Koperasi
Keywords: BMT Al Fithrah; rentenir
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aristha Nurus Shoba
Date Deposited: 09 Feb 2018 09:06
Last Modified: 09 Feb 2018 09:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22587

Actions (login required)

View Item View Item